Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri

Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri

JAKARTA- Sebanyak 700 perwira remaja TNI-Polri dilantik oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7). Upacara dilaksanakan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Empat perwira remaja peraih Adhi Makayasa hadir langsung dalam pelantikan di Istana.

Sebanyak 700 perwira remaja TNI-Polri itu rinciannya 227 perwira remaja lulusan Akademi Militer, 101 perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Laut, dan 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara. Selain itu, sebanuak 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian. Pelantikan perwira TNI-Polri juga diikuti secara virtual di Akmil, AAU, AAL, dan Akpol.

Usai dibacakan surat keputusan terkait pengangkatan perwira TNI-Polri, Jokowi memimpin pembacaan sumpah perwakilan perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai dengan agama masing-masing.

“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945,\" demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti seluruh perwira TNI-Polri.

\"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,\" lanjut petikan sumpah itu.

Ada empat perwira remaja peraih Adhi Makayasa 2021. Yakni Letda Septian Haryono Pasaribu (Adhi Makayasa dari Akademi Militer), Letda Always Giving Hamonangan Tiris (Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut), Letda Abdul Muis (Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara), dan Ipda Hary Indradjati (Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian). (FIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: