Tips Dokter Ellen, Jika Anak Demam Usai Vaksinasi COVID-19

Tips Dokter Ellen, Jika Anak Demam Usai Vaksinasi COVID-19

JAKARTA - Begini tips dari dokter Ellen Wijaya jika anak demam usai vaksinasi COVID-19. Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengatakan, orangtua tidak perlu cemas jika anak mengalami efek samping ringan pasca vaksinasi.

Menurut dokter, setelah disuntik vaksin, anak bisa beraktivitas seperti biasa. Kalau pun muncul efek samping biasanya bersifat ringan misalnya nyeri di bekas suntikan.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengompres area nyeri dengan air hangat. Jika anak demam usai vaksinasi, cobalah ukur suhunya menggunakan termometer.

Jika suhunya di atas 38 derajat Celcius, anak gelisah, rewel, maka bisa diberikan obat misalnya Paracetamol disertai dengan mengompres.

Tetapi apabila anak merasa tidak apa-apa dengan kondisi demam itu, orang tua tidak perlu khawatir dan lakukan saja observasi.

\"Demam mekanisme tubuh anak yang sehat. Kalau tubuh kemasukan virus, bakteri jahat tubuh akan melawan dengan membentuk demam. Demikian juga ketika tubuh dimasukkan antigen yang sudah dilemahkan atau vaksin, maka tubuh akan membentuk respons antibodi dan salah satu manifestasinya demam. Demam bukan suatu kondisi yang berbahaya,\" tutur Ellen.

Dia menambakan, kalau ada keraguan terkait efek samping yang dirasakan anak usai divaksin, orang tua bisa melapor ke tenaga medis yang melakukan vaksinasi.

Dokter Ellen menambahkan, penyuntikan vaksin COVID-19 harus memiliki jeda waktu minimal sebulan dengan imunisasi lainnya untuk anak. Itu untuk memberikan kekebalan tubuh yang optimal.

\"Kita baru diberikan vaksin COVID-19. Antigen masuk ke dalam tubuh. Tubuh sedang memberikan respons dengan membentuk antibodi supaya bisa memberikan kekebalan terhadap SARS-CoV-2. Saat itu, kalau tubuh diberikan imunisasi lainnya, nanti kekebalan yang diusahakan untuk SARS-CoV-2 tidak menjadi optimal,\" terangnya. (ant/jpnn)

Baca juga:

Hindari Penyekatan Krucuk, Gotong Motor Nyeberang Rel Kereta ke Pilang Perdana

Selama Pandemi, Jumlah Orang Kaya Indonesia Bertambah, Ini 10 Besar yang Paling Tajir

Pesawat Lepas Chemtrail saat Lintasi Langit Cirebon agar Rakyat Kena Virus, Begini Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: