Momen Hari Raya Idul Adha, Hindari Makanan Bersantan jika Punya Kondisi Ini

Momen Hari Raya Idul Adha, Hindari Makanan Bersantan jika Punya Kondisi Ini

HIDANGAN makanan bersantan seperti opor ayam dan gulai daging kambing, adalah pemandangan yang umum, terlebih di momen hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. 

Tidak hanya nikmat, konsumsi makanan dengan santan ini, juga baik untuk kesehatan. 

Selain dapat membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung, makanan bersantan juga diklaim ahli dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. 

Namun yang lerlu dicatat, semua manfaat di atas hanya dapat dirasakan ketika dikonsumsi secara cukup atau moderat. 

Namun yang perlu diketahui di sini adalah, bahwa konsumsi makanan bersantan bukanlah untuk semua orang, sebagaimana dilansir Medical News Today.

 Tinggi akan kalori dan lemak, konsumsi makanan bersantan yang dikonsumsi berlebihan, dapat memicu diare selain juga konstipasi pada mereka dengan sindrom iritasi usus (SIU) . 

Tidak hanya penderita SIU, konsumsi makanan bersantan juga sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang alergi terhadap kelapa, karena dapat memicu reaksi yang tidak diinginkan. 

Mereka yang sakit perut, mual-mual, muntah, diare, gatal-gatal di area mulut, tenggorokan mata dan kulit, usai memakan atau meminum konsumsi berbahan santan, adalah mereka dengan kondisi yang dimaksud.(fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: