Insentif Nakes Cair Rp13 Miliar, Kadinkes Eni Pastikan Tak Ada Pemotongan

Insentif Nakes Cair Rp13 Miliar, Kadinkes Eni Pastikan Tak Ada Pemotongan

CIREBON- Sebagian insentif tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes yang terlibat dalam Satgas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Cirebon untuk tahun 2021 sudah dicairkan. Saat ini total yang sudah dicairkan sebesar Rp13.230.528.798.

Hal tersebut disampaikan Kadinkes Kabupaten Cirebon Hj Eni Suhaeni SKM MKes. Menurut dia, pencairan tersebut langsung ditransfer ke rekening nakes penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi. Baik ASN maupun non ASN. Baik yang nakes maupun non nakes. “Sebagian sudah dicairkan. Dari Rp51 miliar baru Rp13 miliar yang cair,” ujar Eni, kemarin.

Eni memastikan tak ada pemotongan atau pengurangan hak dari insentif tersebut. Terkait sisa yang belum dicairkan, sambung Eni, akan segera dicairkan. “Kita pastikan tidak ada pemotongan. Semunya diberikan langsung ke rekening yang bersangkutan,” sambung kadinkes.

Pemkab Cirebon pun memastikan insentif untuk tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19 aman. Alokasi untuk pembayaran insentif tersebut sudah dianggarkan. Totalnya sekitar Rp51 miliar.

Diterangkan Eni, alokasi anggaran Rp51 miliar tersebut akan dibayarkan untuk nakes di dua rumah sakit dan nakes yang ada di puskesmas-puskesmas serta para petugas vaksin.  “Untuk nakes yang di rumah sakit pembayarannya dari Januari sampai dengan April, untuk yang di dinas kesehatan dan pusksesmas itu sampai dengan Mei,\" imbuhnya.

Dijelaskan, utang insentif nakes ditahun 2020 sudah dibayarkan sebelum lebaran kemarin. Total untuk hutang insentif di tahun 2020 sekitar Rp7 miliar yang sudah dibayarkan. “Yang 2020 sudah selesai dan sudah dibayarkan, untuk tahun 2021 sedang dalam proses pencairan, mudah-mudahan dalam waktu dekat,” ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: