Perempuan di Kabupaten Cirebon Harus Maju dan Mandiri

Perempuan di Kabupaten Cirebon Harus Maju dan Mandiri

CIREBON - Para perempuan di Kabupaten Cirebon harus maju dan mandiri dalam berbagai bidang. Tak terkecuali dalam bidang ekonomi melalui pembangunan ekonomi produktif dan kreatif. Ini diperlukan untuk mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih baik, lebih sehat dan lebih sejahtera. Mereka pun bisa berkontribusi banyak di berbagai sektor, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, DPPKBP3A Kabupaten Cirebon menggelar pelatihan peningkatan keterampilan dan skill melalui program Prima (Perempuan Indonesia Maju Mandiri) yang digelar pada awal Juli lalu di dua desa di Kabupaten Cirebon yakni Desa Buntet dan Desa Wilulang.

Sekretaris DPPKBP3A dr Dwi Sudarmi melalui Kasi Pemberdayaan Perempuan Sri Setiani kepada Radar menjelaskan, kegiatan tersebut dalam kerangka besar pengarus utamaan gender (PUG) di Kabupaten Cirebon. Pelatihan tersebut sebagai upaya keterlibatan perempuan dalam menurunkan tingkat kemiskinan di satu wilayah melalui peningkatan produktivitas ekonomi.

\"Potensi perempuan ini sangat besar dalam membantu meningkatkan perekonomian. Perempuan harus diberikan keterampilan agar bisa mandiri dan maju, kita sudah 5 tahun berturut-turut melaksanakan program Prima,\" ujarnya.

Melalui program tersebut, pihaknya berharap bisa menstimulasi pengembangan usaha perempuan melalui keterampilan serta menggugah partisipasi semua pihak dalam penanggulangan kemiskinan dan mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan.

\"Perempuan dan laki-laki itu punya hak yang sama, sehingga jangan dibeda-bedakan. Banyak juga tugas laki-laki yang dikerjakan oleh perempuan, tak terkecuali dalam bidang peningkatan perekonomian,\" imbuhnya.

Dalam program Prima, sekitar 40 perempuan dari dua desa tersebut dibekali keterampilan membuat kue yang nantinya bisa dipasarkan di lingkungan maupun secara market yang lebih luas. Pihaknya pun akan mendorong peran instansi lain agar para perempuan di Kabupaten Cirebon bisa mandiri dan maju.

\"Kendala utama itu kan di permodalan. Kita akan berkoordinasi dengan instansi lain agar bisa memfasilitasi kondisi ini, sehingga program ini bisa maksimal dan tujuannya tercapai,\" bebernya. (dri/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: