Aplikasi Protades, Kini Sudah Memanfaatkan Ratusan Desa di Indonesia.

Aplikasi Protades, Kini Sudah Memanfaatkan Ratusan Desa di Indonesia.

Menurutnya, Protades telah menjadi babak baru untuk menyelesaikan beragam konflik tanah di masyarakat.

\'”Juni berhasil mengembangkan potensi, berdasarkan kondisi faktual, konflik tanah yang disebabkan tidak misalnya yang lengkap, jadi sering memicu konflik bahkan turun temurun, bahkan bisa jadi konflik berdarah pada kenyataannya,” katanya.

Joko menilai, secara visioner Protades dapat dikembangkan menjadi program nasional untuk mendorong data tanah masyarakat yang terintegrasi hingga ke daerah.

Tidak ada lagi nanti pernyataan ini kepemilikannya siapa, kalau terintegrasi secara nasional jadi tahu persis aset negara seperti apa dan dimana saja, yang selama ini, yang terjadi-orang yang punya akses dan punya kapital yang bisa mwnguasai dan mengakuisisi itu, ya lobi -lobi politiknya,” imbuh Joko.

“Dan Ini juga bisa jadi potensi pemasukan besar bagi bangsa,” timpalnya.

Soal dukungan terhadap Juni, Joko menyebut Koekraf Kendal telah memberi andil yang besar. Misalnya dukungan pembuatan video pendek tentang fungsi dan kegunaan aplikasi Protades yang dipersentasekan dihadapan dewan juri KIPP.

“Sudah dipersentasekan, dan mudah-mudahan dua minggu lagi mungkin akan masuk di Top 40 KIPP dan semoga masuk di 3 besar nasional,” ujarnya.

Selain dukungan teknis, dorongan agar aplikasi Protades masuk dalam regulasi tingkat provinsi juga telah dilakukan. kini tengah yang mendorong agar Protades menjadi pilot project sektor pertanahan di Provinsi Jawa Tengah.

“Karena aplikasi ini kan sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Jadi tidak bisa mendukung temuan ini, lewat regulasi juga akan kita upayakan, kita juga akan menggandeng anggota dewan untuk mengawal temuan-temuan seperti ini, dengan aplikasi ini akurasi data pertanahan akan lebih terjamin,” kata Joko. ( fin )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: