Muhammadiyah Disebut Sudah Donasi Rp1 Triliun, Katanya Bukan Prank

Muhammadiyah Disebut Sudah Donasi Rp1 Triliun, Katanya Bukan Prank

JAKARTA - Muhammadiyah diam-diam sudah memberikan donasi sebesar Rp1 triliun untuk penangan pandemi. Tidak seperti donasi Rp2 triliun keluarga Akidi Tio yang menjadi kehebohan nasional tapi diduga hanya kebohongan.

“Itu terbukti bagaimana kita habis-habisan dana untuk pandemi Covid. Yang dari Perguruan Tinggi (Muhammadiyah), dari Rumah Sakit (Muhammadiyah) saja kita Rp400 Milyar. Itu belum dari Cabang-Ranting se-Indonesia yang kalau dijumlah bisa Rp1 triliun lebih,” ujar Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah Jamaludin Ahmad.

Dalam penanganan pandemi secara resmi, berdasarkan data Muhammadiyah Covid-19 Command Center per 8 Juni 2021 terhitung Rp346 Milyar.

Kisaran angka donasi Muhammadiyah Rp1 triliun yang disinggung oleh Jamaludin adalah angka kasar yang diperkirakan dari akumulasi kinerja aktif Cabang dan Ranting yang sebagian besar berasal dari inisiatif kantong pribadi orang per orang.

“Ini (jumlah) di Cabang Ranting karena kita ini apa namanya? Karena kita ini terlalu rendah hati. Kadang-kadang, malu untuk melaporkan uang kita dalam penanganan Covid itu berapa. Ini karena saking baiknya di Cabang dan Ranting,” ungkap Jamaludin.

Dirinya pun berpesan agar Cabang dan Ranting tetap teguh dan tabah dalam menghadapi pandemi. Cabang dan Ranting Muhammadiyah yang belum memiliki satuan tugas penanganan Covid diharapkan segera membentuk untuk meringankan beban pemerintah.

“Ini adalah peristiwa yang mengharukan bagaimana bapak ibu di Cabang dan Ranting dalam kondisi juga sama-sama menghadapi Covid, tetapi kemudian tetap bersedia berinfak,” katanya.

“Itulah salah satu DNA dan karakter orang Muhammadiyah ketika sudah dipanggil untuk berinfak, ‘aladzina yunfiquna fi sarra’ wa dharra’ lalu kemudian kita berinfak baik dalam keadaan lapang maupun sempit, kita peduli pada orang lain,” pungkasnya. (dal/fin)

Baca juga:

Polri Pastikan Tarif Pembuatan SIM C Jadi 3 Jenis Tetap Sama

Ganjil Genap Kota Cirebon, Memang Berapa Jumlah Kendaraannya?

Ramai Prank Donasi Rp2 Triliun, Netizen Tagih Rp11 Ribu Triliun yang Dijanjikan Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: