Pemulihan Ekonomi Harus Dijaga, Pengendalian Pandemi Terus Diperkuat

Pemulihan Ekonomi Harus Dijaga, Pengendalian Pandemi Terus Diperkuat

Sementara itu, pertumbuhan impor yang tinggi menunjukkan adanya geliat aktivitas produksi dalam negeri.  Hal ini tercermin dari pertumbuhan impor bahan baku serta barang modal yang secara nominal tumbuh masing-masing sebesar 57,8 persen dan 29,1 persen pada Triwulan II-2021.

Kinerja Ekonomi Sisi Produksi

Seluruh sektor produksi mampu melanjutkan akselerasi pemulihan kuat dengan tumbuh positif pada Triwulan II 2021. Sektor industri pengolahan yang memberikan kontribusi sebesar 20 persen terhadap PDB nasional mampu berperan sebagai mesin pertumbuhan dengan tumbuh 6,58 persen (yoy). Kinerja ini sejalan dengan tren PMI Manufaktur Indonesia yang selalu dalam zona ekspansi (>50) di sepanjang Triwulan II, bahkan mencatatkan rekor tertinggi secara berturut-turut pada April (54,6) dan Mei 2021 (55,3).

Sektor perdagangan juga mencatat pertumbuhan tinggi sebesar 9,44 persen (yoy), terutama ditopang oleh pemulihan perdagangan global yang tercermin dari kinerja pertumbuhan tinggi ekspor dan impor nasional. Peran pemerintah dalam memberikan stimulan dan insentif terhadap dunia usaha, khususnya UMKM, turut mendorong perbaikan kinerja sektor ini.  


“Ke depan, pemerintah akan tetap fokus pada langkah-langkah antisipatif dan responsif dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, terutama dengan mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi dan memperkuat 3T (testing, tracing, treatment). Sinergi kebijakan baik fiskal, sektor keuangan dan moneter juga terus diperkuat untuk mewaspadai dampak negatif yang mungkin terjadi dari eskalasi kasus Covid-19 yang disebabkan oleh munculnya varian baru di berbagai belahan dunia,” tutup Febrio. (git/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: