Nakes RS Sidawangi Vaksin Dosis Ketiga

Nakes RS Sidawangi Vaksin Dosis Ketiga

CIREBON- Vaksin dosis ketiga atau vaksin booster khusus untuk tenaga kesehatan (nakes) mulai diberikan di Kabupaten Cirebon. Kelompok nakes yang pertama kali menerima vaksinasi tersebut adalah dari RS Paru Sidawangi.

Kemarin, gelombang pertama nakes di RS tersebut mulai divaksinasi. Untuk tahap pertama ada sekitar 52 tenaga kesehatan yang divaksin menggunakan vaksin Moderna. Sisanya, sebanyak 228 orang lagi akan divaksin secara bertahap sampai dengan semua pegawai di RS tersebut selesai diberikan vaksinasi.

Direktur RS Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat dr Hadri Pramono MARS dalam kesempatan tersebut juga ikut divaksin dosis ketiga. Ia ikut untuk memberikan contoh bahwa vaksin tersebut aman dan dikhususkan untuk melindungi para nakes yang berada di garis terdepan penanganan pandemi Covid-19.

“Hari ini (kemarin, red) pemberian vaksin dosis ketiga sudah mulai digunakan. Untuk hari pertama ada 52 orang dulu, selanjutnya akan dilakukan besok (hari ini, red) sampai dengan seterusnya. Sampai semuanya selesai divaksin,” ujarnya.

Diterangkan, vaksin tahap ketiga ini diharapkan semakin membentuk antibodi dalam tubuh nakes yang berada dalam zona layanan Covid-19. Hal ini diperlukan karena nakes sangat rentan terhadap paparan virus Covid-19. “Pemberian dosis ketiga diberikan kepada nakes dan petugas penunjang lainnya. Ini diharapkan mampu memaksimalkan perlindungan atau proteksi terhadap nakes,\" imbuhnya.

Meskipun sudah menerima vaksinasi dosis ketiga, Hadri meminta agar para nakes tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik agar meminimalisir dampak dari paparan Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk para nakes sendiri menggunakan vaksin Moderna yang merupakan produk dari pabrikan Amerika Serikat. Vaksin ini diklaim memiliki efikasi atau tingkat kemanjuran sebesar 94,1 persen untuk orang berusia 18-65 tahun. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: