Ada Fenomena Bulan Biru, Minggu Malam 22 Agustus

Ada Fenomena Bulan Biru, Minggu Malam 22 Agustus

CIREBON - Minggu malam mendatang (22/8), Bulan Biru akan menerangi langit. Sebenarnya, apakah fenomena alam ini?

 

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, secara umum, ada dua definisi yang berbeda mengenai hal ini.

 

Bulan Biru Musiman (Seasonal Blue Moon), yakni Bulan Purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali Bulan Purnama.

 

Bulan Biru bulanan (Monthly Blue Moon), yakni Bulan Purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali Bulan Purnama.

 

Purnama pada 22 Agustus mendatang termasuk ke dalam Musiman. Di dalam Almanak Petani Maine di Amerika Serikat, purnama ini dinamakan sebagai Purnama Sturgeon dikarenakan pada bulan Agustus, ikan Sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap.

 

Purnama ini juga memiliki nama lain: Purnama Jagung Hijau (Green Corn Moon), Purnama Ceri Hitam (Black Cherry Moon) dan Purnama Terbang Tinggi (Flying Up Moon), tambahnya.

 

Bulan Biru Musiman terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali, sebelumnya pernah terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016. Fenomena ini akan terjadi kembali pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027 mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: