Sejarah sang “Penjaga Seoul”, Divisi Tank ke-105 Korea Utara

Sejarah sang “Penjaga Seoul”, Divisi Tank ke-105 Korea Utara

SEOUL - Divisi Tank ke-105 Ryugyongsu oleh Presiden Kim Il Sung disebut sebagai \"Penjaga Seoul\". Itu merupakan unit tank pertama yang dimiliki Tentara Rakyat Korea yangdibentuk pada Agustus 1948.

Divisi yang dikenal paling kuat ini memiliki prestasi militer cemerlang, dan mendapat perhatian luar biasa dari Kim Il Sung.

Selama Perang Pembebasan Korea, tepatnya 25 Juni 1950, unit ini maju ke selatan dan berada di garis depan.

Tiga hari setelah perang pecah, divisi ini memasuki Seoul, mengibarkan bendera kemenangan di Kantor Pusat, menduduki stasiun-stasiun penyiaran, dan mengumumkan berita pembebasan Seoul kepada dunia.

Pencapaian itu yang kemudian membuat Kim Il Sung menganugerahi gelar Divisi Tank ke-105 sebagai \"Penjaga Seoul\".

Setelah perang usai, divisi tersebut membuat berbagai pencapaian luar biasa di banyak pertempuran, termasuk Pertempuran Pembebasan Daejeon yang dikenal sebagai model pengepungan modern.

Ketika itu, musuh takut akan serangan seperti badai dari divisi ini.

\"Ini adalah serangan yang tidak dapat didefinisikan secara formal. Perspektif yang berbeda dari tank dan infanteri, kejutan tidak terduga dari berbagai ukuran dan bentuk. Ini adalah pertarungan. Ini benar-benar berbeda dari pertempuran jalanan yang kita pelajari dalam kursus taktik tentara kita,\" ujar musuh saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: