Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok

TIDAK dapat dipungkiri, merokok sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di seluruh Indonesia terutama para pria, walaupun sosialisasi bahaya merokok sudah gencar dilakukan oleh pemerintah. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang meliputi emfisema dan bronkitis kronis.

Hal ini tak hanya berlaku bagi perokok itu sendiri, tetapi juga orang sekitar yang “hanya” menghirup asapnya. Setiap perokok pada dasarnya mengetahui hal tersebut, namun berhenti merokok bagi perokok aktif bukanlah perkara yang mudah seperti membalikan telapak tangan.

Berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri bagi para perokok. Pasalnya, beberapa kandungan dalam rokok dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga dapat memicu munculnya gejala putus nikotin saat seseorang berusaha berhenti merokok.

ada beragam cara efektif untuk berhenti merokok yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Niat yang kuat untuk berhenti merokok

Tips pertama untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki tekad atau niat yang kuat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Dengan tekad inilah anda bisa meyakinkan diri anda bahwa anda mampu berhenti merokok meskipun hal tersebut dirasa sulit. Untuk memperkuat niat anda berhenti merokok sebaiknya anda memulai dengan mendafta alasan berhenti meroko, mulai mempelajari lebih mendalam tentang dampak rokok bagi tubuh, sehingga hal tersebut bisa membulatkan niat anda untuk berhenti merokok.

  • Memulai dari sekarang

ketika anda sudah memiliki niat dan beberapa alasan diatas sebaiknya anda memulai untuk membiasakan diri berhenti merokok secara bertahap dan jangan menundanya, jika anda menundanya bisa jadi niat anda belum bulat untuk berhenti merokok, awali berhenti merokok dengan mengurangi jumlah rokok yang anda hisap perharinya. Selain itu anda juga bisa mencoba berhenti merokok seketika atau total tergantung niat dan keinginan berhenhenti merokoknya.

  • Kenali waktu-waktu rawan merokok

Setiap perokok memiliki waktu-waktu istimewa untuk menikmati rokok mereka. Dalam hal ini anda harus mengenali kapan biasanya anda paling sering merokok. Dengan demikian anda bisa mengubah kebiasaan sering merokok tersebut dan menggantinya dengan hal-hal positif lain seperti mengemil makanan, mengganti dengan permen atau menyibukan diri dengan aktivitas lain.

  • Libatkan keluarga dan teman terdekat

lingkungan berpengaruh banyak terhadap sesorang dalam berhenti merokok, maka sebaiknya pada awal memulai berhenti merokok sebaiknya anda mencari dukungan pada keluarga atau teman yang tidak merokok. Sebab dengan dukungan tersebut anda bisa semakin termotivasi untuk berhenti merokok. Selain itu dukungan orang-orang sekitar juga bisa menjadi pengingat anda ketika godaan ingin merokok muncul kembali.

  •  Berolahraga secara teratur dan makan makanan bergizi

Berolahraga bisa menjadi salah satu langkah untuk berhenti merokok. Dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan bugar serta membantu anda lupa dengan kebiasaan merokok. Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Tak hanya itu, makanan sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang akibat merokok.

  • Tahan keinginan dengan menunda

Percayalah, akan ada banyak hambatan yang Anda hadapi. Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk merokok, sebaiknya segera tunda keinginan tersebut maka secara perlahan anda akan melupakan keinginan untuk merokok. Masa-masa putus nikotin selalu jadi waktu yang terberat Biasanya ini terjadi pada 1.5-2 minggu setelah Anda mulai berhenti merokok. Anda akan merasakan emosi menjadi labil, insomnia, nafsu makan meningkat, dan banyak hal menjengkelkan lainnya akan membuat perjuangan Anda terasa berat. Saat Anda ‘jatuh’ dan kembali merokok, jangan langsung menyerah. Tapi langsung matikan dan alihkan pikiran Anda. Minum air putih, makan buah, atau sekedar mengobrol akan membuat pikiran Anda teralihkan.

  • Buang semua hal berbau rokok

Menyimpan apapun yang bebau rook misalkan pemantik, asbak, ataupun yang lainya sebagai kenangan adalah bukan ide yang cemerlang, karna dengan menyimpannya akan menjadi godaan besar ketika keinginan untuk merokok datang menghampiri.

  • Konsultasi dengan Dokter

Apabila anda merasa masih sulit untuk berhenti merokok maka silakan berkonsultasi dengan dokter agar anda dibantu terapi berhenti merokok. (*) 

Oleh: dr Yan Floresta F

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: