Kota Cirebon Waspada Teror Tawon Vespa, Tiap Hari Damkar Evakuasi 3-5 Sarang, Sengatan Bisa Sebabkan Kematian

Kota Cirebon Waspada Teror Tawon Vespa, Tiap Hari Damkar Evakuasi 3-5 Sarang, Sengatan Bisa Sebabkan Kematian

CIREBON - Warga Kota Cirebon patut mewaspadai teror Tawon Vespa Affinis. Pasalnya, sengatan hewan ini bisa mematikan. Termasuk menyebabkan gagal jantung.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Adam Nuridin mengungkapkan, setiap harinya petugas melakukan penanganan dua hingga tiga sarang tawon vespa.

\"Sering kita menangani sarang tawon vespa ini sampai subuh karena cukup banyak dan penanganannya harus hati-hati,\" kata Adam, kepada radarcirebon.com, di Obrolan Warung Kopi Waw, yang ditayangkan malam ini, Minggu (12/9/2021) di RCTV.

Diungkapkan dia, penanganan tawon vespa memang harus dilakukan makam hari. Sebab, hewan tersebut dalam kondisi tidak agresif.

Keberadaan sarang ini, semakin banyak dalam beberapa bulan terakhir. Masalahnya, sarang ditemukan tidak hanya di pepohonan, seringkali ada di tiang listrik atau bahkan rumah warga.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Operasi dan Penyelamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Nurjaman menambahkan, sengatan tawon vespa sangat berbahaya.

\"Kalau satu kali sengatan itu mungkin meriang. Tapi itu harus ditangani puskesmas atau rumah sakit. Kalau lebih dari satu sengatan, itu bisa gagal jantung,\" tuturnya.

Bagaimana tawon vespa bisa bermunculan di wilayah Kota Cirebon? Nurjaman mengungkapkan, biasanya kemunculan hewan ini di lokasi yang kebersihannya kurang terjaga.

Sebab, jenis tawon affinis ini menyukapi tempat kotor dan banyak sampah. Di situlah mereka akan membangun sarang.

Mengingat potensi bahaya yang ditimbulkan, dia meminta masyarakat tidak menangani sendiri keberadaan sarang tawon jenis ini.

\"Sebaiknya langsung lapor saja ke damkar. Nanti kita akan terjunkan tim untuk menangani,\" tuturnya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: