Pertemuan G-20, Sri Mulyani: Perpajakan jadi Prioritas Utama Pembahasan

Pertemuan G-20, Sri Mulyani: Perpajakan jadi Prioritas Utama Pembahasan

KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, salah satu topik yang akan dibahas dan menjadi prioritas utama dalam pertemuan G-20 adalah perpajakan. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, saat ini pemerintah Indonesia sendiri pun sedang melakukan reformasi perpajakan.

“Perpajakan akan menjadi menu utama karena memang ini salah satu menu prioritas yang penting bagi Indonesia. Indonesia sendiri melakukan reformasi perpajakan,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (14/9).

Sri Mulyani memaparkan, pembahasan soal pajak tersebut mulai dari Tax Incentive, Tax and Digitization, Tax Avoidance (Base Erosion and Profit Shifting) and Tax Transparency, Tax and Development, dan Tax Certainty.

“Akan membahas kemajuan dan pelaksanaan persetujuan dan perkembangan Global Taxation Principle,” sebutnya.

Sri Mulyani mengungkapkan, dalam pertemuan G-20 tersebut, nantinya negara-negara anggota G-20 akan terus menjaga dan memprioritaskan kepentingan nasional selain membantu negara-negara berkembang lainnya. Menurut Sri Mulyani, Indonesia tidak akan dirugikan dengan munculnya teknologi digital. Justru kehadiran teknologi digital memberikan manfaat yang maksimal di bidang ekonomi maupun perpajakan.

Selain itu, dalam bidang keuangan selain pajak akan dibahas juga mengenai kebijakan makro untuk pertumbuhan ekonomi negara. Dalam hal ini semua negara akan berkoordinasi, sebab ekonomi masing-masing negara memiliki kondisi yang berbeda setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Seperti ada supply distraction, ada corporate yang mengalami kesulitan dari sisi neraca dan tidak demikian bisa kembali pulih,” pungkasnya.(JP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: