Momen WCD 2021, DLH Kab Cirebon: Targetkan Bebas Sampah di 2024

Momen WCD 2021, DLH Kab Cirebon: Targetkan Bebas Sampah di 2024

CIREBON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terus berupaya untuk melakukan penanganan sampah. Bahkan, Pemkab Cirebon menargetkan tahun 2024 wilayah Kabupaten Cirebon bebas Sampah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Dr Deni Nurcahya ST MSi saat acara World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 di Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani, Sabtu (18/9).

“Kita harus ikut membudayakan memilah sampah dari rumah dan melakukan bersih-bersih di lingkungan kita. Sehingga, target 2024 Kabupaten Cirebon bebas sampah bisa tercapai,” ungkapnya.

Terkait WCD, Deni menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia. Bahkan, WCD ini diikuti 187 negara dan 34 Provinsi di Indonesia dengan 13 juta relawan.

\"Kami di Kabupaten Cirebon ikut partisipasi dalam kegiatan WCD tahun 2021,” jelasnya.

Lebih jauh, kegiatan WCD ini merupakan aksi nyata bagaimana menjaga lingkungan sekitar, sehingga prilaku dalam penanganan sampah serta bagaimana mengelola sampah sehingga bisa menjadi nilai ekonomis yang tinggi.

\"Kita mengajak masyarakat untuk ikut memilah sampah, mana sampah yang bisa dijadikan nilai ekonomi, mana yang tidak demi menciptakan lingkungan yang bersih,\" imbuhnya.

Sebagai bagian dari entitas tata kelola pemerintahan di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Cirebon sangat mendukung kegiatan WCD yang dilakukan sejumlah komunitas. 

\"Pemkab Cirebon mendukung acara ini. Ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat tentang hidup bersih tanpa sampah,\" katanya.

Bahkan, Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Cirebon Drs H Imron MAg beserta Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj Nunung Roosmini bersama sejumlah pihak.

Sementara itu,  Leader Komunitas Kabupaten Cirebon, Lin Kartini mengatakan, WCD ini merupakan program dunia untuk penanganan sampah.

\"Acara ini dilakukan dari tanggal 15 sampai 20 September setiap tahunnya, di Indonesia melibatkan 13 juta relawan dari 34 Provinsi,\" katanya.

Lin menjelaskan, kegiatan WCD ini diikuti oleh puluhan komunitas, Pemda Kabupaten Cirebon, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tengahtani dan masyarakat sekitar.

\"Ada sekitar 50 komunitas yang terlibat, salah satunya komunitas Forkoci yang ikut acara WCD tahun 2021 tingkat Kabupaten Cirebon. Dan acara seperti ini dilakukan serentak di semua kecamatan,\" jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: