Buruan Beli Mobil Baru, Diskon 100 Persen PPnBM Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

Buruan Beli Mobil Baru, Diskon 100 Persen PPnBM Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

JAKARTA – Pemerintah rupanya menginginkan agar perekonomian segera pulih meski masih diselimuti ketidakpastian ditengah pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang sedang dilakukan pemerintah adalah menerapkan diskon 100 persen Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil.

Kementerian Keuangan mengeluarkan kebijakan dengan memperpanjang diskon tersebut sampai akhir tahun.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara menyebut, langkah tersebut dilakukan seiring dengan penurunan kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Penurunan ini dapat membuat daya beli masyarakat kembali meningkat, termasuk pembelian mobil. Sehingga, dapat meningkatkan produksi mobil yang akan berdampak pula pada sektor terkait.

“Kita lihat varian Delta sudah melandai, penularan melandai. Nah, ini saatnya proses produksi lebih cepat, dan ini jadi insentif untuk konsumen,” ujarnya, yang dikutip dari JawaPos.com, Sabtu (18/9).

Wamenkue melanjutkan, apabila produksi mobil meningkat, maka berpengaruh pada sektor ketenagakerjaan. Penjualan yang meningkat akan membuat lapangan kerja kembali terbuka. Hal itu akan berujung pada pemulihan ekonomi nasional.

“Kalau kendaraan diproduksi, pabrikan kendaraan akan pekerjakan banyak pekerja, akhirnya gulirkan pendapatan kembali. Makanya ini kita lihat momentum dan kita dorong,” lanjutnya.

Sebagai informasi, insentif yang diperpanjang meliputi, PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) 100 persen untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc.

Kemudian, PPnBM DTP sebesar 50 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4×2 dengan kapasitas mesin >1.500 cc hingga 2.500 cc.

Lalu, yang terakhir PPnBM DTP 25 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4×4 dengan kapasitas mesin >1.500 cc hingga 2.500 cc. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: