Di Kabupaten, SDN Rusak Belum Hitung Anggaran Perbaikan

Di Kabupaten, SDN Rusak Belum Hitung Anggaran Perbaikan

RUANG kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Cirebon masih yang banyak rusak. Total sekolah dasar di Kabupaten Cirebon berjumlah 874 sekolah yang terdiri dari 5.663 ruang kelas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 831 ruang kelas atau sekitar 14,67 persen dalam kondisi rusak berat. Sayangnya, pemda belum menghitung kebutuhan anggaran rehabnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Deni Supdiana MSi mengaku, pihaknya terus berupaya untuk mengusulkan perbaikan ke pemerintah agar segera dianggarkan di APBD, DAK, maupun provinsi.

Deni membeberkan, 874 SD Negeri di Kabupaten Cirebon dalam kondisi rusak ringan, sedang, dan berat. Begitu juga pada Sekokah Menengah Pertama (SMP). “Terus terang saja, sarana prasarana SD dan SMP kita masih banyak yang harus diperbaiki,\" kata Deni, kemarin.

Menurutnya, keterbatasan anggaran rehab sekolah karena mewabahnya Covid-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan refocusing anggaran. “Tahun depan kami menargetkan melakukan perbaikan secara bertahap, sehingga perlahan dapat mengurangi permasalahan tersebut,\" janjinya.

Deni mengungkapkan, minimal 10 sampai 20 persen dapat berkurang dari jumlah 40 persen tersebut. Rencana perbaikannya terlebih dahulu difokuskan sesuai dengan hasil inventarisasi. “Karena setiap tahun nambah-nambah lagi yang rusak. Seperti seminggu yang lalu di Winong ambruk. Pun yang di Desa Cengkoak,\" katanya.

Sementara itu, Kasi Sarana Prasarana dan Data Bidang Pendidikan Dasar Dinas Penididikan Kabupaten Cirebon, Wanudin mengaku belum menghitung secara keseluruhan anggaran perbaikan atau rehab ruang kelas SD. Sebab, ia masih baru menjabat. \"Rencananya tahun depan 10 persen yang rusak akan diperbaiki,\" janjinya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: