Warga Masih Dihantui Bencana Banjir

Warga Masih Dihantui Bencana Banjir

CIREBON-Memasuki musim penghujan, bencana banjir menjadi ancaman sejumlah daerah di Kabupaten Cirebon. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Dr Alex Suheriyawan MPd mengakui, potensi banjir tetap akan mengancam Kabupaten Cirebon saat musim hujan.

Menurut Alex, ada tiga penyebab banjir yang seringkali terjadi di Kabupaten Cirebon. Pertama, karena intensitas hujan yang cukup leba. Kedua, lanjut Alex, karena curah hujan yang cukup lebat di hulu sedangkan sungai di Kabupaten Cirebon tidak bisa menampung yang menyebabkan sungai meluap.

“Ketiga, karena di hulu hujan lebat sedangkan di hilir itu terjadi rob sehingga air tidak bisa menuju hilir dan akhirnya menyebabkan luapan,” ulasnya.

Pihaknya sudah berupaya mengkoordinasikan dengan BBWSCC terkait dengan perbaikan sungai yang menjadi penyebab utama bencana banjir. “Terkait sungai kritis kita sudah mencoba berkoordinasi dengan BBWS. Terkait perbaikan merupakan ranah dari BBWS bukan di kami BPBD,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi bencana saat musim huja, pihaknya sudah mempersiapkan kesiapan dari SDM masyarakat desa itu sendiri. “Kita sudah siapkan SDM-nya dengan melatih warga desa agar tangguh bencana yakni dengan program Desa Tangguh Bencana. Itu salah satu upaya kami agar minimal bisa mengurangi risiko dari bencana alam itu sendiri,” ujarnya.

Alex berharap, masyarakat bisa siaga terhadap berbagai bencana alam di Kabupaten Cirebon.  “Bencana alam tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi, tapi ketika SDM sudah kita siapkan maka tentunya akan memudahkan dalam penanganan bencana, “ ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: