Banyak Jalan Tak Ada Drainase, Peningkatan Jalan Harus Disertai Perbaikan dan Pembangunan Drainase

Banyak Jalan Tak Ada Drainase, Peningkatan Jalan Harus Disertai Perbaikan dan Pembangunan Drainase

CIREBON- Sebagian besar jalan yang ada di Kabupaten Cirebon tidak memiliki drainase. Padahal drainase sangat penting untuk mengalirkan genangan air di jalan yang bisa menyebabkan kerusakan jalan. Komisi III DPRD kabupaten Cirebon meminta agar peningkatan jalan harus disertai dengan pembangunan drainase.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon  Hermanto SH kepada Radar mengatakan banyak jalan di Kabupaten Cirebon yang tidak mempunyai drainase. \"Banyak yang tidak ada drainase, kalaupun ada itu sudah tertutup oleh warung atau lainnya,\" ujarnya.

Begitupun ketika pelaksanaan peningkatan jalan akan tetapi tidak disertai dengan normalisasi atau perbaikan drainase.  Pihaknya bersama anggota Komisi III mempertanyakan kegiatan peningkatan jalan yang tidak ada drainasenya. Kemudian ada yang sudah ada drainasenya tetapi tidak ada normalisasi drainasenya.

Hermanto menilai, drainase sangat penting untuk memperpanjang usia jalan. Diakuinya, banyak jalan yang mengalami kerusakan itu lebih disebabkan oleh genangan air di atas jalan. Air bisa menggenang tentunya karena memang mayoritas jalan tidak ada drainasenya, sehingga sangat penting drainase ini.

Ia meminta ke depan harus satu paket peningkatan jalan berikut dengan normalisasi drainase. \"Ya memang harusnya satu paket ketika ada peningkatan jalan ya harus ada normalisasi drainase, sedangkan kalau nggak ada drainase harus satu paket peningkatan jalan dengan pembangunan drainase,\" ujarnya.

Sehingga ketika musim hujan tiba, maka jalan tidak akan tergenang oleh air hujan.  \"sekarang begini masih banyak jalan yang tergenang air ketika hujan, karena memang terkendala pada drainase dan kalau sering tergenang maka akan cepat merusak jalan,\" tuturnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: