Ini Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Ini Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

MEMILIKI wajah yang bening dan mulus tentunya menjadi impian setiap orang. Meski tidak menyakitkan atau berbahaya, flek hitam di wajah tetap saja dapat mengganggu penampilan dan meruntuhkan rasa percaya diri.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab flek hitam muncul di wajah. Merangkum dari berbagai sumber berikut penjelasannya.

  1. Penggunaan Kosmetik

Beberapa bahan yang ada di kosmetik bisa memicu melanocyte yang memproduksi melanin. Hal ini berakibat kulit wajah akan menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

  1. Sinar Matahari

Munculnya noda hitam pada wajah juga bisa terjadi akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Sebaiknya kamu menggunakan lotion pelindung dari sinar matahari ketika keluar rumah. Jika kulit terus menerus terpapar sinar matahari juga bisa mengakibatkan kanker pada kulit.

  1. Kurang Vitamin

Vitamin menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan kulit wajah. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah noda hitam.

  1. Polusi Udara

Polusi udara juga bisa menyebabkan munculnya noda hitam di wajah. Polusi udara menyebabkan iritasi pada kulit, menimbulkan inflamasi, serta merusak lapisan kulit.

  1. Faktor Genetik

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang di segala usia. Faktor genetik menjadi salah sebab munculnya noda hitam di wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: