Ericsson Luncurkan Antena Terintegrasi Pendukung 5G

Ericsson Luncurkan Antena Terintegrasi Pendukung 5G

JAKARTA – Perusahaan Telekomunikasi asal Swedia, Ericsson telah meluncurkan Massive MIMO untuk radio dengan antena terintegrasi (Antenna-Integrated Radio, AIR) 3268 yang diklaim sangat ringan.

Hal ini untuk memudahkan dan membuat penerapan 5G pada pita frekuensi sedang menjadi lebih efisien di daerah perkotaan dan pinggiran kota yang padat penduduk.

Dengan berat 12 kg dan volume 23 liter, AIR 3268 disebut menjadi radio Massive MIMO paling ringan dan terkecil di industri telekomunikasi.

Dengan daya keluaran 200 Watt, 32 transceiver, dan passive cooling, radio ini disebut mencapai sekitar 40 persen lebih ringan dari generasi sebelumnya.

Sehingga, memudahkan pemasangan dan tidak terbatas hanya di menara dan atap, tetapi juga di tiang dan dinding.

Radio terbaru Ericsson ini juga 10 persen lebih hemat energi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dalam mengembangkan AIR 3268,  Ericsson mengembangkan kemitraan dengan British Telecom (BT) untuk mengatasi tantangan 5G.

Melalui pengembangan ini, menghadirkan manfaat kemudahan dalam penerapan dan peningkatan efisiensi energi.

Head Product Line Radio Ericsson, David Hammarwall, mengatakan pihaknya terus merevolusi Massive MIMO dengan radio sangat ringan, yang memungkinkan peningkatan site lebih mudah dan implementasi 5G di pita frekuensi sedang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“AIR 3268 memperluas pilihan untuk site radio, memungkinkan penyedia layanan untuk meningkatkan jaringan mereka, dan memberikan kecepatan 5G serta waktu tanggap lebih cepat. Radio ini juga hemat energi, hal ini penting bagi kami dan pelanggan kami,” katanya.

Sementara, Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper menyampaikan, AIR 3268 sebagai alat radio terbaru yang sangat ringan di industri telekomunikasi akan membantu implementasi 5G di tanah air.

“Kami percaya bahwa solusi ini akan membantu mempermudah penerapan dan pemasangan 5G,” ucapnya.

AIR 3268 bergabung dengan portofolio radio sangat ringan yang diluncurkan pada Februari tahun ini. Seperti radio Massive MIMO lainnya, radio ini dikatakan dirancang dengan Ericsson Silicon, memberikan perkiraan channel secara real-time dan beam forming sangat presisi yang meningkatkan jangkauan dan pengalaman pengguna. (jawapos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: