Relawan TIK Kota Cirebon Resmi Dilantik

Relawan TIK Kota Cirebon Resmi Dilantik

CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon kembali melantik kepengurusan baru Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Cirebon periode 2021-2025 di Ruang Adiputra Balaikota Cirebon, Kecamatan Kejaksan, Jumat pagi (19/11).

Turut hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati didampingi jajaran Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Cirebon mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru RTIK Kota Cirebon untuk masa periode yang selanjutnya. Dalam kesempatan tersebut, Eti juga berharap untuk pengurus baru dapat membentuk struktur hingga ke tingkat kelurahan.

“Semoga bisa terus bersinergi dengan instansi yang ada di Kota Cirebon. Segera bentuk strukturnya. Agar program SKPD di tingkat kecamatan dan kelurahan bisa dimaksimalkan. Apalagi kita butuh SDM yang paham digitalisasi,” ungkap Eti kepada kepengurusan baru tersebut.

Selain itu juga, dengan terintegrasinya seluruh sistem yang ada di SKPD di bawah naungan Pemkot Cirebon, maka dapat membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi.

Lebih lanjut, Eti mengungkapkan, untuk kepengurusan yang baru diharapkan dapat mengedukasi juga para masyarakat terkait penggunaan internet. Apalagi dalam era digitalisasi, masyarakat dituntut  untuk menguasai internet dan teknologi informasi.

“Ini upaya kita agar ke depannya masyarakat tidak lagi terkendala dalam mengakses informasi. Silakan bisa membangun basecamp di masing-masing kelurahan dan kecamatan,” jelas Eti.

Sementara itu, Ketua RTIK Kota Cirebon Bayu Purnama Ramadhan mengaku, pihaknya akan tetap melanjutkan program-program yang sudah berjalan dan berusaha memaksimalkan kinerja para pengurus yang baru. Sehingga, bisa membantu Pemkot Cirebon dalam melakukan upaya digitalisasi.

“Sesuai permintaan dari para jajaran di Pemkot Cirebon, kami akan memaksimalkan kinerja anggota melalui literasi digital yang ada,” ungkap Bayu kepada Radar usai pelantikan.

Bayu juga menjelaskan, dalam era transformasi digital juga, RTIK Kota Cirebon akan melaksanakan berbagai penguatan di sejumlah segmen. Di antaranya melalui literasi digital yang mengacu pada aturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang ada.

 “Kita akan berikan pelatihan terlebih dahulu kepada para anggota. Agar para anggota mempunyai kemampuan sebelum terjun ke masyarakat. Insyaa Allah dalam waktu dekat kita berikan pelatihannya. Diharapkan nanti dapat memberikan edukasi yang baik,” tutup Bayu. (jrl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: