Berduka Atas Musibah Gunung Semeru, Wagub Uu: Kita Solat Gaib dan Do’akan Para Korban

Berduka Atas Musibah Gunung Semeru, Wagub Uu: Kita Solat Gaib dan Do’akan Para Korban

TASIKMALAYA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ajak masyarakat Jawa Barat yang beragama Islam, lakukan salat gaib dan mendoakan para korban letusan Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

“Saya harapkan ada salat gaib khususnya bagi para korban masyarakat muslim yang meninggal dunia,” ujar Uu Ruzhanul Ulum di Kotas Tasikmalaya, Senin (6/12/2021).

Pria yang biasa disapa Pak Uu ini juga menyampaikan, duka cita mendalam kepada para korban, terutama yang telah kehilangan orang terkasih maupun harta bendanya.

“Saya berharap kepada masyarakat di Jawa Barat untuk ikut belasungkawa dan ikut mendo\'akan,”ucapnya.

Pak Uu  meminta letusan Gunung Semeru menjadi pelajaran bagi warga Jawa Barat betapa bencana terkait kegunungapian tidak dapat terprediksi meskipun teknologi canggih tersedia. 

Ia mengingatkan masyarakat lebih waspada,  karena Provinsi Jawa Barat juga masih memiliki beberapa gunung api aktif seperti Galunggung di Tasikmalaya, Tangkubanparahu di Bandung Barat – Subang, Guntur di Garut, Salak di Bogor – Sukabumi, serta Gunung Gede di Bogor – Cianjur – Sukabumi.

“Kita juga tetap harus hati-hati. Karena di Jawa Barat itu ada beberapa gunung berapi (yang masih aktif, red) dari mulai Galunggung, Ciremai, dan juga Papandayan di Kabupaten Garut,” ungkap Pak Uu.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Bencana sulit sekali untuk dideteksi. Satu kuncinya, yaitu tingkatkan keimanan dan ketakwaan. Insya Allah kalau masyarakat iman dan takwa, bukan bencana, tapi barokah yang kita terima dalam kehidupan,” pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: