Latihan Militer, Ukraina Ajak Pasukan Asing Bergabung Skala Besar Tahun Depan

Latihan Militer, Ukraina Ajak Pasukan Asing Bergabung Skala Besar Tahun Depan

UKRAINA akan mengizinkan pasukan asing untuk ambil bagian dalam latihan militer bersama mereka pada tahun depan. Izin tersebut berlandaskan RUU yang ajukan oleh Presiden Volodymyr Zelenksy, dan telah disetujui oleh parlemen Ukraina pada Selasa (14/12).

Menurut laporan Reuters, Ukraina berencana untuk menggelar 10 latihan militer skala besar pada tahun depan.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Anatoliy Petrenko mengatakan sebelum pemungutan suara bahwa 21 ribu warga Ukraina dan 11.500 personel militer dari Amerika Serikat, Inggris, Polandia, Rumania dan negara-negara lain akan berpartisipasi dalam latihan di darat, di laut dan di udara.

\"Melakukan latihan multinasional di wilayah itu akan membantu memperkuat kemampuan pertahanan nasional dan mendukung upaya politik dan diplomatik untuk menjaga stabilitas di kawasan itu,\" kata Petrenko.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Rusia mengenai RUU tersebut.

Ukraina, yang bukan anggota NATO, telah meningkatkan kerjasama militer dengan negara-negara Barat di tengah meningkatnya aktivitas permusuhan oleh Rusia dan proksinya yang telah meningkatkan risiko perang terbuka antara kedua tetangga tersebut.

Kyiv menuduh Moskow mengerahkan sekitar 90 ribu tentara di sepanjang perbatasan panjang mereka. Moskow mengatakan gerakannya murni defensif dan memiliki hak untuk memindahkan pasukan di sekitar wilayahnya sendiri jika dianggap cocok.(rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: