Kominfo Apresiasi Mitra Kolaborasi Cetak Talenta Digital

Kominfo Apresiasi Mitra Kolaborasi Cetak Talenta Digital

“30 peserta itu kita berikan tempat untuk mereka bisa berjualan di satu mal yang ada di Makassar, kemudian Bea Cukai juga ikut melakukan pelatihan juga supaya masyarakat bisa tahu bagaimana bisa mengekspore dengan menjalankan aplikasi-aplikasi yang sudah ada dibuat oleh Bea Cukai, itu salah satunya,” tandasnya.

Mitra DTS 2021

Apresiasi Mitra DTS 2021 diberikan kepada Ditjen BIMAS Islam Kementerian Agama, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Direktur Guru, Tenaga Kependidikan, dan Madrasah Kementerian Agama, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dari perguruan tinggi apresiasi diberikan kepada Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Indonesia Banten, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara SOCS, Universitas Bina Nusantara SIS, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia serta Universitas Terbuka.

Lewati Target

Untuk melaksanakan semua itu, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan mitra pelatihan dari perguruan tinggi, asosiasi dan komunitas, perusahaan global, education technology, perbankan nasional.

“Kerja sama kita ada 103 perguruan tinggi di Indonesia dan internasional, 15 asosiasi dan komunitas, 13 perusahan global, dan 11 edutech nasional. Ada empat perbankan nasional, BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri. Bukan memberi modal tapi memberikan fasilitas setelah pelatihan bisa magang mengerjakan proses digital di perbankan dan direkrut jadi pegawai di bank masing-masing,” jelas Hary Budiarto.

Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan mitra yang akan menampung ketika pelatihan diselesaikan. “Mereka merekrut peserta menjadi pegawai di 16 perusahaan tersebut,” ujar Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

Selain itu, untuk melatih kewirausahaan dan memfasiltasi penjualan produk pelaku UMKM, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan lima marketplace di Indonesia. “Ada Bukapalak, Tokopedia dan Gojek agar bisa menyalurkan produknya dijual secara online,” pungkas Hary. (git/fin).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: