Hore, Diskon PPN Rumah 50 Persen Diperpanjang hingga Juni 2022

Hore, Diskon PPN Rumah 50 Persen Diperpanjang hingga Juni 2022

PEMERINTAH kembali memperpanjang kebijakan diskon pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 50 persen untuk pembelian rumah baru dari Januari-Juni 2022. Pemberian diskon ini merupakan perpanjangan dari insentif fiskal PPN ditanggung pemerintah yang seharusnya berakhir pada Desember 2021.

“Insentif fiskal PPN ditanggung pemerintah untuk perumahan, ini disetujui oleh Bapak Presiden (Joko Widodo),” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di acara Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022, Kamis (30/12/2021).

Namun, kata Airlangga, ada perbedaan dari perpanjangan insentif PPN pada 2022. Semula, pemerintah memberikan gratis PPN alias diskon 100 persen bagi pembelian rumah baru dengan harga maksimal Rp2 miliar.

“Diskon PPN menjadi 50 persen saja pada tahun depan. Sementara diskon PPN untuk pembelian rumah baru seharga di atas Rp2 miliar sampai Rp5 miliar yang semula sebesar 50 persen menjadi 25 persen,” terangnya.

“Itu (insentif) bisa diberikan kepada mereka yang berkontrak di depan (inden), sehingga ada waktu untuk membangun,” sambungnya.

Kendati demikian, Airlangga belum menyebut pagu anggaran untuk pemberian insentif fiskal ini ke depan. Sementara pada tahun ini, realisasi insentif untuk diskon PPN rumah mencapai Rp960 miliar.

BACA JUGA:

·  Alun-alun Kasepuhan dan Kejaksan Ditutup saat Malam Tahun Baru

·  Oknum PNS Kabupaten Cirebon Lakukan Pencabulan, Korban Dibawa ke Hotel di Kuningan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: