Agenda Porprov XIV Jawa Barat Akhirnya Ditetapkan oleh Pemerintah

Agenda Porprov XIV Jawa Barat Akhirnya Ditetapkan oleh Pemerintah

BANDUNG – Kemarin (5/1), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar pertemuan, membahas pelaksanaan babak utama Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV. Berlangsung di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Bandung, turut hadir sejumlah pihak terkait. Yakni, para kepala dinas pemuda dan olahraga se-Jawa Barat, Bapeda Jabar, BPKAD Jabar, Biroku Jabar, NPCI Jabar, serta KONI Jabar. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

Ada hal penting dari keputusan pertemuan tersebut. Keputusan itu sangat dinantikan oleh para pengurus olahraga di daerah. Khususnya KONI masing-masing daerah. Yakni, soal pelaksanaan babak utama Porprov XIV, yang simpang-siur di jagat olahraga Jawa Barat.

Setidaknya, ada tiga keputusan dari pertemuan kemarin. Pertama, pelaksanaan Porprov XIV dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) VI Jawa Barat, dilaksanakan pada bulan November 2022. Kedua, pelaksanaan Porprov dan Peparda tersebut melihat kondisi penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, serta pendapatan daerah. Ketiga, perubahan keputusan gubernur Jabar tentang penetapan tuan rumah Porprov dan Peparda akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum KONI Kota Cirebon Hj Wati Musilawati menyerahkan sepenuhnya kepada Pemprov Jabar dan tentunya Pemkot Cirebon. Sebab, pihaknya sempat mendapat amanah jadi salah satu tuan rumah Porprov XIV untuk sejumlah cabang olahraga (cabor).

“Kami harap SK terbaru penunjukan tuan rumah dari Pak Gubernur Jabar bisa cepat keluar. Karena itu adalah landasan kami untuk melakukan percepatan persiapan. Khususnya perbaikan venue,” kata Wati, tadi malam.

Sebelumnya, ada tiga kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov. Yakni Kabupaten Tasikmalaya, Subang, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Namun, ada perubahan karena Tasikmalaya mengundurkan diri. Sehingga ada daerah-daerah penyangga untuk bisa melaksanakan. Termasuk Kota Cirebon. Kota Cirebon dipilih untuk menjadi alternatif tuan rumah untuk pertandingan enam cabang olahraga di Porprov XIV.

Keenam cabang olahraga tersebut yakni bulu tangkis, softball, baseball, tenis lapang, tarung derajat dan panahan. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: