Nia Ramadhani Akhirnya Dipenjara, Ini Beda Kecanduan dan Ketergantungan

Nia Ramadhani Akhirnya Dipenjara, Ini Beda Kecanduan dan Ketergantungan

PASANGAN Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie, serta sopirnya akhirnya divonis satu tahun penjara. Bukan direhabilitasi. Majelis hakim menilai, para terdakwa bukan mengalami kecanduan, tetapi ketergantungan. Apa bedanya?

Dikutip dari National Institute on Drug Abuse , kecanduan obat adalah kondisi yang terjadi ketika Anda tidak bisa lagi mengendalikan dorongan atau keinginan yang tak tertahankan untuk menggunakan suatu obat.

Orang yang memiliki kecanduan tidak mempunyai kuasa untuk menghentikan apa yang mereka lakukan, gunakan, atau konsumsi bahkan ketika penggunaannya merusak atau mengganggu kewajibannya dalam bekerja, berkeluarga, dan hidup bersosial.

Kecanduan berbeda dengan ketergantungan. Ketika Anda ketergantungan untuk melakukan kebiasaan yang selalu Anda lakukan, Anda bisa menghentikannya kapan saja sesuai dengan kondisi yang terjadi. Berbeda dengan kecanduan.

Kecanduan membuat Anda benar-benar kehilangan kontrol sehingga tidak lagi mampu untuk menghentikan perilaku tersebut, terlepas dari apa yang Anda untuk menghentikannya dan seberapa keras usaha tersebut.

Orang tersebut hanya mementingkan dorongan untuk menggunakan obat daripada melakukan aktivitas normal lainnya, bahkan sampai menggunakan cara yang melanggar hukum demi mendapatkannya. Maka, bukan tidak mungkin kecanduan sampai bisa menyebabkan perubahan perilaku, kebiasaan, bahkan hingga fungsi otak secara permanen. (ing)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: