Fly Over Kereta Api di Kota Cirebon, Stasiun Kejaksan dan Prujakan Berubah seperti Stasiun Gambir

Fly Over Kereta Api di Kota Cirebon, Stasiun Kejaksan dan Prujakan Berubah seperti Stasiun Gambir

CIREBON – Fly over kereta api di Kota Cirebon diharapkan dapat diwujudkan, karena bisa menjadi beragam solusi masalah perkotaan.

Pemerhati masalah perkotaan, Ir Yoyon Indrayana MT mengatakan, fly over kereta api atau elevated rail way track, adalah solusi untuk jangka panjang bagi Kota Cirebon.

“Ada dua alternatif solusi, pertama pembuatan jalur paralel rel kereta api. Tetapi ruas di Kota Cirebon sangat pendek. Jadi elevated rail way ini yang paling mungkin,” kata Yoyon.

Dijelaskan dia, selain elevated rail way memang ada opsi lain yakni membangun jalan di kanan dan kiri rel kereta api untuk mengurangi perlintasan sebidang.

Baca juga:

Tetapi jalan paralel atau kembar ini, tidak memungkinkan di Kota Cirebon. Mengingat pengendara butuh memutar lebih jauh.

Kemudian, butuh ruang untuk manuver yang berarti nantinya butuh pembebasan lahan. Yang lebih jadi masalah adalah, kendaraan harus memutar jauh.

Jalan kembar ini, sulit diwujudkan karena perlintasan kereta Kota Cirebon sangat pendek. Belum 1 kilometer sudah ada rel kereta.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: