Tips Merawat Sistem Pengereman ABS

Tips Merawat Sistem Pengereman ABS

CIREBON- Beberapa tipe sepeda motor sudah dilengkapi fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS (Antilock-Braking System). Melalui fitur ini, pemilik kendaraan akan mendapatkan gaya pengereman yang lebih optimal dan akan lebih mudah mengontrol laju kendaraan ketika berkendara.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motor Ade Rohman menjelaskan sistem pengereman ABS dirancang untuk menjamin keamanan pengendara sekaligus tunggangan dalam segala kondisi pengereman dan permukaan jalan.

Diharapkan kendaraan tetap dapat dikendalikan dengan sempurna walaupun dalam kondisi pengereman yang kuat. \"Agar sistem pengereman ABS ini berfungsi secara optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan atau pengecekan kinerja dan kondisi fisik sistem rem ABS,\" tuturnya.

Minyak rem menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan agar sistem pengereman motor dapat berkerja dengan baik. Pastikan volume minyak rem pada tangki reservoir tetap sesuai standar artinya tidak lebih dan kurang dari batas yang tertera pada garis “lower” pada tangki reservoir tersebut.

BACA JUGA:

·  Arnold Putra Keturunan Cirebon, Bikin Tas dari Tulang Punggung Manusia

·  <strong>Status Indra Kenz Bukan Tersangka, Tapi Masih….</strong>

Kanvas rem juga merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman motor. Komponen inilah yang berfungsi menjepit disc brake atau piringan cakram (dengan bantuan caliper) pada saat tuas rem ditekan oleh pengendara.

“Untuk mengetahui kanvas rem masih layak pakai atau tidak perhatikan tanda garis pada permukaan kanvas rem tersebut, apabila permukaan garis sudah rata dengan permukaan kanvas remnya, artinya kanvas rem sudah aus atau harus segera di ganti,\" terangnya.

Lanjutnya, Caliper dan disc brake sebenarnya merupakan komponen yang jarang sekali terjadi kerusakan selama pemakaiaannya wajar. Namun tetap saja perlu dilakukan perawatan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Makan Bubur Bareng: Geura Duet Capres Sareng Cawapres

·  9 Capres Diajukan PSI, Tapi Tidak Ada Anies Baswedan dan Giring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: