Kiev Terkepung

Kiev Terkepung

Kepada tentara Ukraina, Putin minta agar segera meninggalkan pos-pos penjagaan dan meletakkan senjata.

\"Kalian harus membela rakyat Ukraina, bukan membela  pemerintahan yang melakukan pembunuhan besar-besaran pada orang Ukraina sendiri.\"

Maksudnya: penumpasan pada kaum separatis di Donbas sejak 2014 adalah pembunuhan pada bangsa sendiri.

Bagian yang paling panjang adalah yang ditujukan kepada Amerika Serikat. Putin mengatakan: sudah 8 tahun Rusia menahan diri melihat sikap Amerika yang tidak tunduk pada hukum internasional.

Ia pun mengungkit-ungkit lagi serangan Amerika ke Iraq, ke Libya, ke Syria. Ia ungkit pula soal serbuk putih yang dijadikan alasan menyerang Iraq.

Serbuk itu dikatakan sebagai senjata biologis yang telah dikembangkan Iraq. Itu bagian dari kebohongan yang dilakukan Amerika.

Di bagian ini pidato Putin seperti rangkuman serangkaian serangan militer Amerika ke berbagai negara.

Maka, Rusia pun menempuh cara yang sama. Ia minta persetujuan parlemen, bukan untuk perang, tapi untuk menggunakan militer di luar negeri.

Putin juga mendeklarasikan bukan perang tapi \"melakukan serangan militer khusus\" ke sasaran-sasaran tertentu di Ukraina.

Pokoknya tahapan yang pernah dilakukan Amerika, dilakukan oleh Rusia. Termasuk alasan untuk \"mempertahankan kedaulatan negara yang sedang terancam\".

Sudah dua hari serangan dilakukan Rusia ke sasaran militer Ukraina. Tinggal mengepung ibu kota Kiev. Lalu menangkap presiden Ukraina, seperti Amerika menangkap Presiden Iraq dan Presiden Libya.

Presiden Ukraina tahu itu. Ia diingatkan untuk itu. Tapi Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy tetap bertahan di Kiev.

Ia tidak mau melarikan diri —sementara ini. Keluarganya dikatakan juga masih di Ukraina —tidak disebutkan di mana.

Tegakah Amerika melihat Zelenskyy dijadikan seperti Saddam Husein atau Muamar Qadhafi?

Rusia, sebagai sahabat Iraq dan Libya, tidak berbuat banyak saat Amerika melakukan itu. Mungkin itulah yang diungkit Putin sebagai bagian dari \"masa delapan tahun menahan diri\".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: