Supaya Cat Mobil Awet, Seberapa Perlu Melakukan Coating pada Mobil Kesayangan?

Supaya Cat Mobil Awet, Seberapa Perlu Melakukan Coating pada Mobil Kesayangan?

Radarcirebon.com-Sebenarnya apa yang dimaksud dengan coating mobil? Coating mobil sebenarnya adalah proses penambahan lapisan pada cat mobil. Konon katanya, coating mobil punya banyak manfaat, benarkah demikian? Dikutip dari laman reami Suzuki, melakukan coating mobil pada mobil kesayangan memang punya manfaat, terlebih ketika memasuki musim penghujan.

Lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran Polysilazane dan bahan pelarut lainnya. Polysilazane merupakan bahan polimer yang mampu melekat dan mengeras pada permukaan cat mobil.

Cat mobil sendiri sebenarnya memiliki pori-pori, dan bahan ceramic coating tersebut akan meresap masuk ke dalam pori-pori membentuk lapisan tipis yang melindungi permukaan cat mobil.
Dengan menambahkan coating mobil tersebut, permukaan cat mobil akan terlihat mengkilap. Selain itu, fungsi proteksi pada cat juga bertambah mengingat material cat setelah dicoating jadi lebih tebal.

Selain itu, lapisan tersebut berfungsi untuk memproteksi cat dan melindungi permukaan cat mobil dari goresan, serta dari sinar ultraviolet sehingga cat mobil menjadi lebih awet dan tetap mengkilap.
Coating mobil juga dianggap sebagai solusi untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan roda empat tersebut. Oleh karena itu, meskipun biaya yang dibutuhkan cukup mahal, banyak orang yang memilih cara ini.

BACA JUGA:

Adapun beberapa manfaat melakukan coating mobil pertama adalah mencegah agar cat mobil tidak cepat memudar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, coating mobil merupakan proses memberikan lapisan khusus ke permukaan cat mobil.

Bahan coating mobil yang terbuat dari campuran polysilazane tersebut akan meresap masuk ke dalam pori-pori cat mobil dan membentuk lapisan tipis yang menutup seluruh permukaan cat mobil. Lapisan tersebut akan melindungi cat mobil dan mencegah warna cat mobil cepat memudar.

Penting nggak penting, melakukan coating memang bisa membuat penampilan luar mobil jadi lebih kinclong. Selain itu, permukaan cat mobil yang terlihat mulus, halus, tanpa goresan tentunya memberikan nilai tambah.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: