Jika Presiden Putin Ngambek, 4 Risiko Ini yang Akan Terjadi di Eropa

Jika Presiden Putin Ngambek, 4 Risiko Ini yang Akan Terjadi di Eropa

Radarcirebon.com - Konflik Rusia-Ukraina, belum ada tanda-tanda siapa yang bakal menang, meski korban sudah banyak berjatuhan di kedua belah pihak.

Kondisi ini jika berlarut-larut, akan menimbulkan dampak yang luar biasa bagi negara-negara di dunia. salah satunya yang paling menakutkan adalah kemungkinan terjadinya perang dunia ketiga.

Sejumlah negara Eropa saat ini mulai menanggung risiko kelangkaan gas dan energi, selain itu ada pula risiko-risiko yang terjadi jika peperangan Rusia- Ukraina memanjang.

Krisis energi sangat mungkin terjadi karena saat ini banyak negara Eropa yang tengah menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia.

Saat ini Rusia sendiri belum banyak bereaksi terkait sanksi ekonomi yang dijatuhkan negara-negara barat. Namun dunia memang harus waspada karena resiko kegentingan bakal terjadi jika Rusia \"ngambek\".

4 risiko ini yang kemungkinan terjadi jika Putin \"ngambek\".

1.Eropa terancam gelap gulita
Sebagaimana diketahui, Rusia penyumbang 40 persen gas alam ke negara-negara di kawasan Uni Eropa.

2.Musim dingin membeku
Selain pasokan gas alam, Rusia penghasil listrik untuk menghangatkan rumah-rumah ketika musim dingin tiba di Eropa.

3.Harga BBM meroket
Rusia dikenal sebagai salah satu ekspotir minyak terbesar di pasar global dan juga dikenal sebagai pengekspor minyak terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

4.harga Mie Instan meroket
Rusia bukan hanya penghasil gas dan minyak bumi saja, ternyata salah satu penghasil gandum terbesar di dunia. Gandum sendiri adalah salah satu komoditi ekspor terbesar Rusia.
Adapun gandum merupakan bahan utama dari mie instan. Dapat dipastikan jika harga gandum acuan dunia terus naik, maka hal itu akan berpengaruh pada produk turunannya, sperti mie instan. (len)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: