Ridwan Kamil Laporan ke Luhut: Kualitas Air Citarum “Melompat” Terus Membaik

Ridwan Kamil Laporan ke Luhut: Kualitas Air Citarum “Melompat” Terus Membaik

Radarcirebon.com, PURWAKARTA - Komandan Satgas Citarum Harum Juara Ridwan Kamil menyebutkan, terjadi lompatan keberhasilan capaian Indeks Kualitas Air (IKA) Sungai Citarum.

Lompatan keberhasilan yang disebutkan Ridwan Kamil ini terjadi sejak Sungai Citarum dinobatkan menjadi sungai paling kotor di dunia pada 2018 lalu.

Ridwan Kamil melaporkan, IKA pada tahun 2019 tercatat sebesar 33,43 poin atau cemar berat.

Baca juga: Menkomarves Tinjau Capaian Program Citarum Harum, Bertepatan dengan…

“Pada tahun 2020 seharusnya cemar sedang. Namun dalam laporan ini tidak ada tahapan cemar sedang. Sebab melompat. Dari cemar berat pada tahun 2019 langsung ke cemar ringan di tahun 2020 dan 2021,” kata Ridwan Kami yang juga menjabat sebagai gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil memaparkan capaian keberhasilan Satgas Citarum dalam menangani permasalahan Sungai Citarum di hadapan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono di Waduk Jatiluhur, Selasa 15 Maret 2022.

Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, dari angka sangat buruk 33,43 poin sudah melompat di akhir tahun 2021 menjadi 50,13 poin sehingga kualitas air Citarum berkategori cemar ringan,” kata Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: