Tradisi Gembrong Liwet Menyambut Ramadan di Desa Citali akan Dihadiri Ridwan Kamil

Tradisi Gembrong Liwet Menyambut Ramadan di Desa Citali akan Dihadiri Ridwan Kamil

Radarcirebon.com, SUMEDANG – Tradisi Gembrong Liwet di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang memasuki tahun ke-7.

Tahun ini ada yang istimewanya, sebab acara tersebut dikolaborasikan dengan even Gebyar Desa yang digagas Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, direncanakan akan hadir pada kegiatan yang menjadi tradisi menyambut bulan suci Ramadan ini.

Pendiri Pusat Konservasi Seni Budaya Wahana Satia Sunda (WSS) Sumedang Wawan Aldo Supriatna mengatakan, tradisi Gembrong Liwet 2022 dilaksanakan di lapangan bola Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan pada Kamis (31/3).

Baca juga:

“Tradisi Gembrong liwet pertama digelar pada 2015 silam, yang berawal dicetuskan oleh Wahana Satia Sunda (WSS). Sebagai momen masyarakat di ajang silaturahmi jelang puasa. Itulah awal kegiatan dilaksanakan,” terang Wawan yang juga pencetus ide Tradisi Gembrong Liwet, ketika ditemui Sumedang Ekspres, Rabu 30 Maret.

Dia menjelaskan, pada tahun 2017 atau event Gembrong Liwet yang keempat, acara ini tadinya merupakan budaya masyarakat di lingkungan RT maupun RW, lalu meningkat menjadi acara di tingkat desa.

“Awalnya acara digelar secara natural yang tempatnya bisa di sawah, kebun dan yang ngaliwet itu di depan rumahnya masing-masing,” jelas Wawan.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: