Wabah Penyakit Cacar Monyet Bisa Beresiko Tulari Hewan Peliharaan

Wabah Penyakit Cacar Monyet Bisa Beresiko Tulari Hewan Peliharaan

Radarcirebon.com - Belum lagi habis persoalan Covid-19, kini muncul wabah baru di dunia yang juga harus diwaspadai yaitu cacar monyet atau monkeypox.

Penyakit ini telah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Tercatat hingga saat ini 16 negara telah melaporkan kasus cacar monyet.

Bahkan di Inggris, kasus cacar monyet meningkat tiga kali lipat menjadi 57 kasus. Sementara di negara Spanyol melaporkan ada 41 kasus, Portugal 37 kasus, Kanada 5 kasus, Italia 4 kasus, Belgia dan Jerman ada 3 kasus, Australia, Belanda, Amerika Serikat masing-masing 2 kasus.

Baca juga: Kasus Pertama Cacar Monyet Serang Israel

Kemudian di enam negara lainnya, yakni Austria, Denmark, Prancis, Israel, Swedia, Swiss masing-masing melaporkan satu kasus.

Meski ada peningkatan, khususnya di Inggris pejabat kesehatan bersikeras bahwa risiko terhadap penyebaran cacar monyet rendah.

Namun demikian para ahli percaya ada kebutuhan mendesak untuk memastikan hewan peliharaan tidak tertular virus, karena mereka bisa menjadi reservoir dan menyebarkan penyakit tersebut secara permanen.

Dilansir The Telegraph, sampai saat ini belum ada laporan hewan peliharaan yang terinfeksi virus monkeypox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: