Sejarah Nama Kuningan di Jakarta, Adipati Ewangga Membantu Fatahillah Menyerang Sunda Kelapa

Sejarah Nama Kuningan di Jakarta, Adipati Ewangga Membantu Fatahillah Menyerang Sunda Kelapa

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Sejarah nama Kuningan di Jakarta, terkait dengan keberangkatan Pasukan Kuningan ke Sunda Kelapa membantu Fatahillah pada tahun 1527 M.

Dalam sejumlah cerita rakyat, pasukan Kuningan yang dipimpin Dipati Ewangga atau Adipati Ewangga kemudian tinggal di sana. Itu menjadi titi mangsa sejarah nama Kuningan di Jakarta Selatan.

Permukiman yang dibangun di wilayah selatan itu, meninggalkan beberapa jejak yang menjadi penguat sejarah nama Kuningan di Jakarta Selatan.

Beberapa situs sejarah tersebut bahkan masih ada dan dipertahankan. Salah satunya Makam Pangeran Kuningan yang diduga adalah Adipati Ewangga di Gedung Telkom, Jakarta Selatan.

Baca juga:

Makam Pangeran Kuningan tersebut, terhempit gedung tinggi dan megah. Bahkan, nyaris tenggelam saat proyek renovasi dan perluasan serta penataan area Gedung Telkom tersebut.

Kendati demikian, keberadaannya masih tetap dipertahankan. Bahkan, masih ada juga masyarakat yang datang untuk sekadar berziarah ke Makam Keramat Pangeran Kuningan.

Kisah Makam Pangeran Kuningan memang memiliki banyak versi. Ada yang tidak sepakat dengan kisah sejarah tersebut, karena hanya dilandasi oleh cerita.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: