Batu Lingga Gunung Ciremai, Tempat Sunan Gunung Jati Bermunajat dan Kisah Nyi Linggi Mencari Kesaktian

Batu Lingga Gunung Ciremai, Tempat Sunan Gunung Jati Bermunajat dan Kisah Nyi Linggi Mencari Kesaktian

Batu Lingga yang dikaitkan dengan cerita musyawarah Wali Songo di Gunung Ciremai.-BTNGC-radarcirebon.com

BACA JUGA:Jika Cukup Bukti, Irjen Pol Ferdy Sambo Bisa Jadi Tersangka, Kadiv Humas Polri: Tunggu Info dari Timsus

Karena dalam cerita rakyat banyak pelajaran yang bisa diambil. Juga terselip pesan-pesan kearifan lokal dan bagaimana menjaga diri.

Selain itu, beredar juga cerita Batu Lingga di Gunung Ciremai dikabarkan hilang secara misterius sekitar tahun 2000. Belum diketahui secara persis peristiwa ini.

Mereka yang mengetahui Batu Lingga di Jalur Pendakian Linggarjati Gunung Ciremai menyebut, ukurannya sangat besar. Sehingga mustahil dipindahkan.

Namun, sejak tahun 2000-an Batu Lingga hilang dari Gunung Ciremai. Beragam cerita pun menyertai. Termasuk kisah yang menyebut bahwa batu tersebut pindah ke Gunung Slamet.

BACA JUGA:Mobil Tertabrak Kereta Api di Pangenan Cirebon, Terbakar, 4 Orang Tewas

BACA JUGA:Irjen Ferdy Sambo Dikabarkan Ditahan, Dibawa ke Mako Brimob, Begini Kata Kadiv Humas

Di kalangan masyarakat, memang ada cerita turun temurun. Bahwa Gunung Slamet di Jawa Tengah dengan Gunung Ciremai adalah berpasangan. 

Dalam cerita turun temurun itu, dikisahkan bahwa Gunung Slamet dan Gunung Ciremai seperti suami dan istri. Di mana keduanya saling berhubungan.

Barangkali, cerita ini muncul karena dua gunung ini, posisinya memang berhadapan. Bahkan bila berada di puncak Ciremai, bisa terlihat Gunung Slamet.

Karenanya, ketika Batu Lingga disebut hilang, beredar cerita di masyarakat bahwa benda tersebut pindah ke Gunung Slamet. Tentu saja, cerita ini sulit dibuktikan.

BACA JUGA:Irjen Pol Ferdy Sambo Dibawa ke Mako Brimob, Begini Keterangan Menko Polhukam

BACA JUGA:Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian Hadiri Haul di Buntet Pesantren

Demikian kisah Batu Lingga di Gunung Ciremai yang kini menjadi pos pendakian, tetapi memiliki banyak cerita mitos dan legenda juga sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: