FPS Gelar Pelepasan PLP

FPS Gelar Pelepasan PLP

MELEPAS. Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Senin (8/8) menggelar kegiatan pelepasan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) FPS UGJ Cirebon. acara digelar Senin (8/8) bertempat di Kampus II Fakultas Pe-ABDULLAH-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Senin (8/8) menggelar   kegiatan pelepasan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) FPS UGJ  Cirebon. acara digelar Senin  (8/8) bertempat di Kampus II Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) UGJ.

Kegiatan pelepasan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP)  Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I DR H Jaja MHum. Dekan FPS DR Endang Herawan MM.

Dekan FPS UGJ Cirebon,  DR H Endang Herawan, MM menjelaskan bahwa kegiatan PLP 2 yang merupakan agenda rutin FPS mengalami perubahan skema. dibandingkan dengan tahun lalu,  yaitu dari skema daring ke luring. Jika luring berlangsung 1,5 bulan, maka untuk luring sekarang menjadi 2,5 bulan dan murni berada di sekolah untuk latihan mengajar dan melaksanakan kegiatan kependidikan.

Untuk itu, lanjut Endang, FPS telah mempersiapkan beberapa persiapan yaituperekrutan peserta, persiapan sekolah tempat PLP 2 dilaksanakan, dan memberikan pembekalan.

BACA JUGA:Pelemparan Batu di Jalan Ciwaringin Cirebon, Korban Warga Pasindangan Sebut Pelaku Naik Motor

Perekrutan mahasiswa calon peserta PLP 2, kata Endang  dilaksanakan pada 21- 31 Juli 2022. Syarat utama adalah   telah duduk disemester 7, lulus MK Microteaching, dan KDM minimal B dan tanpa ada nilai D.

“Total 145 mahasiswa calon peserta PLP 2,” bebernya.

Dari 145 mahasiswa tersebut   dengan perincian sebagai berikut  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 28 peserta, Pendidikan Bahasa Indonesia 46 peserta, Pendidikan Bahasa Inggris 35 peserta, Pendidikan Matematika 11 peserta dan Pendidikan Ekonomi 25 peserta.

Kegiatan PLP 2 ini, kata Endang,  melibatkan 20 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kelima prodi, dengan timeline sebagai berikut, penyerahan peserta ke sekolah 9 Agustus 2022, masa orientasi di sekolah 9-13 Agustus 2022, kegiatan PLP2 di sekolah 15 Agustus – 29 Oktober 2022, masa ujian 1-5 November 2022, serta perpisahan/penarikan mahasiswa pada 7 November 2022.  

BACA JUGA:Mobil Masuk Jurang di Ciamis, 8 Warga Majalengka Meninggal, Berikut Identitas Korban

Dengan Menyesuaikan dengan jumlah peserta, PLP 2 Semester Gasal 2022/2023 melibatkan 20 sekolah yang berasal dari Kabupaten dan Kota Cirebon serta Kabupaten Majalengka dengan penempatan mahasiswa pada masing-masing jenjang Sekolah Dasar (SD) 28 mahasiswa, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 26 mahasiswa, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 57 mahasiswa, Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 9 mahasiswa, Sekolah Menengah Kejuruan sebanyak  25 mahasiswa .   jadi Total peserta mahasiswa yang mengikuti kegiatan PLP 2 sebanyak 145 Mahasiswa, bebernya.

Dr. Misdi, MPd selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT) PLP  menambahkan, guna mempersiapkan calon peserta, telah dilaksanakan kegiatan pembekalan selama 2 hari yaitu tanggal 4-5 Agustus 2022.

Pembekalan, kata, kata Misdi,   difokuskan pada penguatan softkills  dan hardskill yang diantaranya adalah etika dan komunikasi, Profesi dan Profesionalisme Guru. Kemuidian Peneliltian Tindakan Kelas dan Pembelajaran, Teknis PLP, dan kurikulum sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK dengan melibatkan ahli dan praktisi fasilitasor sekolah penggerak dan kurikulum merdeka, diantaranya Prof DR H Abdul Rozak MPd, DR H Endang Herawan, MM, DR  H Iin Wariin Basyari, MPd. serta DR Anggita Maharani, MPd.

BACA JUGA:Mahfud MD Bahas Kasus Brigadir J: Kawal dari Ranjau Geng Pelaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: