Jangan Pernah Minum Obat Bersamaan dengan Konsumsi Kopi, Berikut Alasannya

Jangan Pernah Minum Obat Bersamaan dengan Konsumsi Kopi, Berikut Alasannya

Mengkonsumsi kopi bersaama dengan obat tidak dianjurkan karena bisa mengurangi khasiat obat itu sendiri.-Karolina Grabowska -Pixabay

Radarcirebon.com – Mengkonsumsi obat berbarengan dengan meminum kopi sangat tidak dianjurkan.

Hal ini kadang masih terjadi di kalangan masyarakat, akibat kurang tahunya mereka akan efek dari mengkonsumsi obat dan kopi secara bersamaan.

Pasalnya kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Senyawa ini akan memicu interaksi dengan senyawa yang ada dalam obat jika dikonsumsi secara bersama-sama atau dalam waktu berdekatan.

Lantas apa saja efek konsumsi obat usai minum kopi? dilansir dari alodokter via disway.id, simak sejumlah poinnya.

BACA JUGA:New Audi Q7 Hadir di Indonesia, Segini Harga yang Dibanderol

1. Meningkatkan kadar kafein dalam darah

Konsumsi obat tertentu setelah minum kopi dapat mengganggu proses pemecahan kafein di hati. Akibatnya, kafein tidak terpecah dengan sempurna dan menumpuk di dalam darah.

Kadar kafein yang berlebih di dalam darah dapat menimbulkan efek berupa rasa cemas, tekanan darah meningkat, agitasi, dan jantung berdebar. Salah satu jenis obat yang dapat mengganggu pemecahan kafein adalah pil KB.

2. Meningkatkan risiko terjadinya efek samping obat

Kafein bersifat stimulan yang dapat merangsang kerja sistem saraf. Hal ini bisa berdampak buruk bila dikombinasikan dengan obat yang juga bersifat stimulan, seperti teofilin atau pseudoefedrin.

3.Menghambat kerja obat

BACA JUGA: MG Extender Mejeng di GIIAS 2022, Siap Bersaing di Pasar Kendaraan Double Cabin

Kafein juga terbukti dapat menghambat kerja beberapa jenis obat, seperti pentobarbital  dan obat antidepresan, misalnya amitriptyline dan imipramine.

Hal ini karena adanya efek stimulan pada kafein yang dapat menghambat kerja obat dalam menimbulkan rasa kantuk.

Melihat berbagai dampak yang dapat ditimbulkan, alangkah baiknya bila Anda menghindari konsumsi obat apa pun setelah minum kopi.

BACA JUGA:Inilah Peran RS Selaku Pejabat Kemenkeu dalam Kasus Dugaan Suap Dana Perimbangan APBN-P 2017 dan APBN 2018

Jika Anda terlanjur minum kopi dan ingin mengonsumsi obat, setidaknya tunggu sekitar 2 jam guna mengurangi risiko terjadinya interaksi antara kafein dan obat. Dengan begitu, efek samping yang tak diinginkan bisa terhindarkan.

Kendati demikian, jika dikonsumsi secara tepat, kopi memiliki segudang manfaat.  Seperti, mencegah depresi, meningkatkan daya ingat, mencegah penurunan fungsi otak.

Kemudian, menurunkan berat badan dan encegah diabetes tipe 2. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: