Awas! Jangan Duduk di Toilet Lebih dari Lima Menit, Ternyata Berbahaya

Awas! Jangan Duduk di Toilet Lebih dari Lima Menit, Ternyata Berbahaya

Ilustrasi duduk lama di toilet. Foto:-Pixabay-

Radarcirebon.com, JAKARTA - Jangan duduk lebih dari lima menit di toilet, ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan.

Diungkapkan oleh ahli bahwa ada alasan medis yang tepat sehingga duduk berlama-lama di toilet sangat tidak disarankan, bahkan jika hanya lebih dari lima menit.

Jadi, duduk di toilet selama lebih dari lima menit adalah ide yang buruk, sebab dapat mengganggu kesehatan Anda.

Duduk berlama-lama di toilet itu bisa untuk melakukan apa saja, bukan hanya pada saat Anda buang hajat.

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Tasikmalaya Meninggal Saat Lomba Agustusan Balap Karung

Orang duduk di toilet bisa berlama-lama sambil membaca koran atau menggulir di ponsel. Keduanya tidak boleh dilakukan sambil duduk di toilet.

Belum lama ini, sebuah survei berhasil mengungkapkan bahwa orang Inggris menghabiskan rata-rata tiga setengah jam di toilet setiap minggunya.

Rata-rata orang menghabiskan lima menit di toilet dalam sekali duduk dan akan mengunjungi kamar mandi antara empat dan tujuh kali sehari.

Kenapa hal itu terjadi? Karena mereka sedang duduk di telepon dan menggesek, mengirim SMS atau menonton video, survei tersebut menemukan.

BACA JUGA:Biadab! Wanita di Tulungagung Diperkosa Usai Kecelakaan, Korban Meninggal Dunia

Akan tetapi Mayo Clinic memperingatkan bahwa "duduk dalam waktu lama di toilet" atau mendorong terlalu keras perut saat BAB menjadi penyebab wasir.

"Meskipun Anda mungkin menikmati duduk di toilet, membaca koran atau menggulir media sosial, ini bisa merusak rektum Anda," ujar Pakar Kesehatan dan Kesejahteraan Stephanie Taylor, pendiri StressNoMore, dikutip dari laman The Sun.

"Ketika Anda duduk di sana, dengan anus Anda pada tingkat yang berbeda dari bagian bawah Anda yang lain. Ini memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah di rektum bawah Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan wasir yang tidak nyaman dan mengakibatkan pendarahan dubur," tambahnya.

Sebagian besar waktu, wasir akan hilang dengan sendirinya - tetapi jika Anda mengalami infeksi atau memiliki wasir yang parah, Anda mungkin harus mencari bantuan dari profesional medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: