Profil Komjen Ahmad Dofiri, Putra Indramayu Pemimpin Sidang Kode Etik Ferdy Sambo

Profil Komjen Ahmad Dofiri, Putra Indramayu Pemimpin Sidang Kode Etik Ferdy Sambo

Komjen Ahmad Dofiri, putra daerah Kabupaten Indramayu yang menjadi anggota Timsus di kasus Brigadir J. -ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, JAKARTA - Berikut ini profil singkat Komjen Ahmad Dofiri, ketua sidang komisi kode etik terhadap Irjen Ferdy Sambo.

Profil Komjen Ahmad Dofiri mendadak naik dalam mesin pencari setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuknya sebagai ketua sidang kode etik Ferdy Sambo.

Ahmad Dofiri disebut sebagai sosok polisi religius. Dia merupakan peraih Adhi Makayasa Akpol 1989. Saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri.

Sementara itu, dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Komjen Ahmad Dofiri menjadi anggota tim khusus (timsus).

BACA JUGA:Jelang Pemecatan Ferdy Sambo, Apakah akan Pakai Baju Oranye dan Ditampilkan ke Publik?

Ahmad Dofiri juga sempat menjabat Kapolda Jawa Barat sebelum menjadi orang nomor satu di bidang intelijen Polri.

Jenderal bintang tiga itu juga berpengalaman di bidang SDM. Dia juga sempat menjabat Asisten Logistik Kapolri pada 2019.

Selama perjalanan karier di kepolisian, Dofiri tercatat beberapa kali menduduki posisi penting, baik di tingkat Mabes Polri maupun polda.

Ketika 2010, Dofiri sempat menjadi ajudan Kapolri Jenderal (purn) Timur Pradopo. Lalu pada 2016, Dofiri sempat menjadi Kapolda Banten.

BACA JUGA:Sebelumn Sidang Kode Etik, Irjen Pol Ferdy Sambo Layangkan Surat ini ke Kapolri

Di tahun yang sama, Dofiri ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan salah satu kepala biro di Divisi Hukum.

Polisi kelahiran Indramayu, 4 Juni 1967 itu juga selalu berdinas di Pulau Jawa.

Selain kerap mendapat penempatan strategis, Dofiri juga dikenal sebagai polisi religius. Hal ini diketahui ketika Dofiri menjadi khatib salat Idulfitri di Alun-alun Yogyakarta pada 2018.

Saat itu, Dofiri menjabat Kapolda DIY. Pada hari terakhir menjabat Kapolda DIY, Dofiri bahkan masih sempat meresmikan bangunan masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: