Peringati HUT RI ke-77, Warga Griya Caraka Desa Kalikoa Donasi 51 Kantong Darah ke PMI Kabupaten Cirebon

Peringati HUT RI ke-77, Warga Griya Caraka Desa Kalikoa Donasi 51 Kantong Darah ke PMI Kabupaten Cirebon

Warga Griya Caraka Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung mendonorkan darahnya bertempat di Klinik Mata Inderatama Kedawung, Minggu 28 Agustus 2022.-Asden-Radar Cirebon

Radarcirebon.com, CIREBON - Warga Griya Caraka Desa Kalikoa dan beberapa komunitas yang tergabung dalam Kampung Donor Griya Caraka kembali melaksanakan donor bersama PMI Kabupaten Cirebon, Minggu 28 Agustus 2022 lalu.

Bertempat  di Klinik Mata Inderatama RW 08 Griya Caraka Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, sebanyak 57 peserta donor berpartisipasi dan terkumpul 51 kantong darah.

Iqbal Kadafi selaku inisiator Kampung Donor Griya Caraka menyampaikan kegiatan donor ini sudah yang ke enam kalinya setelah terbentuknya kampung donor Griya Caraka.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Boyong Tiga Penghargaan dalam Nusantara CSR Awards 2022

“Masih dalam semangat kemeriahan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 kami gelar aksi kemanusiaan ini.”

“Dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Griya Caraka dan Desa Kalikoa, juga kepada para pendukung diantaranya Paguyuban Urang Sumedang di Cirebon (Payung Suci), komunitas Radio Antar Penduduk (RAPI) dan juga guru-guru dari SMK Rise yang juga sudah ikut berpartisipasi dalam gerakan donor darah ini,” ungkapnya.

Salah seorang pendonor yang mengaku baru pertama mendonorkan darahnya Surya warga RW 07 Griya Caraka mengaku antusias dengan kegiatan donor di Griya Caraka.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Dorong Kampus di Jawa Barat untuk Membuka Fakultas Kedokteran.

“Ini pengalaman pertama saya mendonorkan  darah, usia saya 17 tahun dan saya aktif di Karang Taruna komplek Griya Caraka, saya mengetahui kegiatan ini dari pak RW Teddy yang mengumumkan kepada anggota karang taruna pada saat kegiatan Agustusan kemarin,” jelas Surya sambil menunggu giliran mendonor.

Perwakilan dari Payung Suci Yeye Mulyana mengungkapkan bahwa anggota Payung Suci rutin dalam agenda baksos maupun kemanusiaan seperti donor darah ini.

Pihaknya mengaku, sudah yang ketiga kalinya bergabung dengan kampung donor Griya Caraka.

BACA JUGA:Pomdam III Siliwangi Resmikan Tahanan Militer Super Maximum Security

"Bahkan peserta pertama pada hari ini adalah anggota kami (Payung Suci, red) yang sengaja datang pagi menyempatkan untuk mendermakan darah mereka," ungkap Yeye.

Menariknya dalam acara donor darah kali ini, panitia memberikan sebanyak 30 paket sembako sebagai doorprize kepada para pendonor.

Doorprize ini dengan cara diundi dan pendonor yang beruntung berhak membawa bingkisan yang isinya ada beras, gula, minyak goreng dan juga terigu.

BACA JUGA:Tanpa Luis Milla, Persib Bandung Kalah Telak 1-5 dari PSM Makassar

Sementara itu perwakilan dari PMI Kabupaten Cirebon Marno menyambut baik kesadaran dari warga kabupaten Cirebon yang tergabung dalam kelompok donor darah seperti kampong donor ini.

“Selain di Griya Caraka Desa Kalikoa yang terkumpul 31 labu darah, di tempat lain juga hari ini banyak yang melakukan donor darah.”

“Di Suranenggala terkumpul 27 labu, di Gor Sumber 38 labu, Kampung Donor Sumber Asri 24 labu, di Ramayana 7 labu dan Kampung Donor RW 05 Sumber sebanyak 29 labu darah,” papar Marno. (asd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase