Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Boyong Tiga Penghargaan dalam Nusantara CSR Awards 2022

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Boyong Tiga Penghargaan dalam Nusantara CSR Awards 2022

PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) di wilayah operasional Regional Jawa Bagian Barat berhasil membawa pulang tiga penghargaan dalam ajang Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2022.-Istimewa-

Radarcirebon.com, JAKARTA -  PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) di wilayah operasional Regional Jawa Bagian Barat berhasil membawa pulang tiga penghargaan dalam ajang Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2022.

Kegiatan ini brlangsung di La Tofi School of Social Responsibility (LSCSR), bertempat di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Jumat malam 26 Agustus 2022..

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari komitmen serius Perusahaan dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara berkelanjutan dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan dengan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan ini Fuel Terminal (FT) Cikampek meraih dua penghargaan pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas melalui Program Nawacita (Pesona Walahar Creative Destination) dan kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah melalui Program Pasirtanjung Inklusif.

BACA JUGA:Tanpa Luis Milla, Persib Bandung Kalah Telak 1-5 dari PSM Makassar

Kemudian penghargaan pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas melalui Program Balenagara (Budidaya Lele Sukanagara): Kebangkitan Petani Milenial dari Fuel Terminal (FT) Tasikmalaya.

Program Nawacita merupakan upaya penanganan dampak pandemi Covid khususnya di bidang ekonomi dan sosial di Desa Walahar.

Program ini diawali dengan pelatihan kepada pemuda usia produktif dan UMKM untuk meningkatkan kapasitas soft skill dan hard skill.

BACA JUGA:Soal Rencana Pemerintah Naikkan Harga BBM Subsidi, Begini Rekomendasi Ombudsman RI

Kemudian pendirian Yayasan Pesona Walahar Kreatif sebagai wadah yang menaungi pemuda dan UMKM Desa Walahar.

Selain itu juga ada Danau Cinta Eco Resort yang memiliki keunikan karena bentuknya seperti hati yang kemudian dilakukan revitalisasi pada lahan sekitar danau agar menjadi area yang dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang diharapkan dapat menjadi ikon baru bagi Desa Walahar.

Pada Program Pasir Tanjung Inklusif (Perlindungan Kebencanaan dan Pelestarian Lingkungan Secara Masif), berfokus pada upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dengan menggerakan usaha kolektif masyarakat dengan mengusung tema “Build A Sustainable Zero-Waste Ecosystem within Community”.

BACA JUGA:Menteri Keuangan: Bansos PLT dan Upah Pekerja Merupakan Pengalihan Subsidi BBM

Pada pelaksanaannya, telah berjalan pembangunan kebun edukasi masyarakat, Integrated Waste Management with Farming System, dan Waste Stationability.

Sementara dari FT Tasikmalaya, melalui Program Balenagara (Budidaya Lele Sukanagara)  merupakan pengembangan usaha budidaya ikan lele dengan sumber daya manusia usia produktif yang belum memiliki pekerjaan tetap.

Program budidaya ikan lele rencananya akan berkembang menjadi Pertanian Terpadu, dimana dilakukan serangkaian kegiatan pertanian, peternakan maupun perikanan.

BACA JUGA:Petugas Damkar Pos Pangenan berhasil Padamkan Api di Lahan Tebu Japura Bhakti Cirebon

FT Tasikmalaya telah berkomitmen untuk menjadi stimulan eksternal kelompok hingga kelompok mandiri dan berdaya.

Harapannya, kelompok pemuda GAMS (Gabungan Anak Muda Sukasirna) dapat menjadi titik kebangkitan petani millennial dan menjadi contoh bagi generasi muda khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya.

Chairman La Tofi School of Social Responsibility sekaligus Ketua Tim Penilai NCSRA 2022, La Tofi, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini terjadi banyak perubahan di dalam masyarakat yang diakibatkan oleh krisis yang dialami oleh masyarakat dunia. Beliau juga memberikan apresiasi yang luar biasa pada program-program CSR Pertamina.

BACA JUGA:Siap-siap, Per 1 September 2022, Pekerja dengan Upah Dibawah Rp3,5 juta Diguyur Bansos

“Hari ini menjadi sejarah buat Pertamina karena CSR Pertamina yang dikenal luar biasa dan hari ini mendapatkan The Best CSR of The Year. “

“Saya ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena sudah berbuat maksimal,” jelas La Tofi.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan, mengatakan bahwa prestasi ini merupakan bukti komitmen kuat Perusahaan dalam memberikan manfaat positif terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar Perusahaan.

BACA JUGA:Pulang ke Cirebon, Claudia Emmanuela Helat Showcase, Ada Lagu Eksklusif yang Akan Diperkenalkan

“Penghargaan ini tentunya merupakan apresiasi sekaligus motivasi bagi kami agar terus berkembang dalam menjalankan program CSR melalui proses pembelajaran dan juga peningkatan best practices di bidang CSR yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” tutup Eko. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase