Bangdul606 Viral Tiktok Wong Cirebon Tak Masalah BBM Naik, Pengamat: Itu Kritikan Mendalam

Bangdul606 Viral Tiktok Wong Cirebon Tak Masalah BBM Naik, Pengamat: Itu Kritikan Mendalam

Pemilik akun Bangdul606 yang viral di Tiktok atas kritik bergaya satire terkait kenaikan harga BBM. Kolase foto dengan pengamat pemerintahan, Hasanudin Manap.-Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBONBangdul606 viral di Tiktok usai membuat kritik bernada satire atas nama Wong Cirebon, terkait kenaikan harga BBM dan isu 3 periode Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah viral sejak kemarin, video Bangdul606 di Tiktok sampai hari ini, Rabu, 7, September 2022 , sudah disaksikan 4,1 juta orang.

Namun, belum diketahui siapa sosok Bangdul606 sesungguhnya, dan hingga saat ini belum berhasil dihubungi.

Kendati demikian, pemilik akun Bangdul606 dengan gaya khasnya berhasil membuat perhatian tertuju kepadanya. Dengan kritik bergaya satire, terkait kenaikan harga BBM dan isu 3 periode Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Demo Ojol di Cirebon Terkait Kenaikan BBM, Situasi di Jl Siliwangi Pagi Hari Ini, Sudah Ada Kendaraan Brimob

BACA JUGA:Salam Satu Aspal! Demo Kenaikan BBM di Cirebon Hari Ini, Giliran Komunitas Ojol

Melihat fenomena ini, pemerhati pemerintahan di Kota Cirebon, Hasanudin Manap menilai ucapan dan ekspresi unggahan TikTok Bangdul606 sebagai bentuk kritik terhadap pemerintahan saat ini.

"Itu menandakan masyarakat yang tidak suudzon kepada pemerintah. Makanya mengeluarkan kata-kata yang kata orang sunda mah Nyungkun," ucap mantan sekda Kota Cirebon.

Manap menilai, kritik bisa disampaikan melalui cara apapun. Termasuk yang dilakukan oleh Bang Dul. Penyampaian dengan berbagai cara, katanya, itu bagus.

Selama tidak merugikan yang lain. Misalnya, merusak fasilitas umum atau mengganggu aktivitas masyarakat saat unjuk rasa di jalan.

BACA JUGA:Hasil Liga Champions 2022-2023: Real Madrid Curi Poin Penuh di Markas Glasgow Celtic

BACA JUGA:Hasil Laga Liga Champions 2022-2023: Manchester City Menang Besar di Markas Sevilla

“Kalau satire (sindiran) yang disampaikan oleh yang mengatasnamakan wong Cirebon itu kritikan yang mendalam yang harusnya sangat perlu diperhatikan," terang Hasanudin Manap.

Unggahan video TikTok oleh bapak-bapak di Cirebon viral. Bersama 2 orang teman, mereka terbahak-bahak mengomentari naiknya harga BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: