Kisah Gunung Dulang Dikira Anak Gunung Ciremai, Padahal Usianya Lebih Tua

Kisah Gunung Dulang Dikira Anak Gunung Ciremai, Padahal Usianya Lebih Tua

Sejarah Gunung Ciremai dan mitosnya banyak dibicarakan masyarakat.-BTNGC-Radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Gunung Dulang seringkali dikira anak Gunung Ciremai, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Padahal, usianya justru jauh lebih tua dan diperkirakan sudah ada sebelum fase sekarang. 

Gunung Dulang yang kerap dikira anak Gunung Ciremai, berada di lereng utara. Kawasan ini pernah menjadi tempat pelepasliaran macan tutul Jawa, yang dinamai Slamet Ramadhan. 

Secara posisi, Gunung Dulang berada di bagian utara Gunung Ciremai dan dapat terlihat jelas dari Objek Wisata Bukit Seribu Bintang. Yang sama-sama berada di lereng utara. 

Lalu, benarkah Gunung Ciremai punya anak seperti Gunung Krakatau? Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menepis anggapan tersebut. Termasuk terkait asumsi bahwa Gunung Dulang adalah anak Ciremai.

BACA JUGA:KKB Papua Bikin Onar Lagi, 24 Pekerja Konstruksi Ditembaki dan 6 Alat Berat Dibakar

BACA JUGA:Mau Nonton Pertandingan Kualifikasi AFC Cup U-20 di Stadion GBT, Begini Cara Beli Tiketnya

Sebab, Gunung Ciremai adalah gunung api soliter atau berdiri sendiri. Posisinya juga jauh dari gunung lain, seperti Gunung Slamet di Jawa Tengah, maupun lainnya.

Justru diperkirakan, Gunung Dulang adalah bagian dari fase gunung api tersebut. Setelah terjadi beberapa kali perpindahan kawah. Yang mulai dari Gunung Putri di Jalaksana, kawah Geger Halang hingga ke Gunung Dulang. 

Diduga, Gunung Putri di Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan sebagai fase pertama dari Gunung Ciremai pada ribuan tahun yang lalu. 

Setelah dari Gunung Putri di Jalaksana, Kuningan, fase kedua Gunung Ciremai adalah Gunung Geger Halang di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Warga Brebes Ditangkap Polsek Neglasari Kota Tangerang Nipu Warga Cirebon

BACA JUGA:Cerita Nasabah Rasakan Manfaat Gerai SENYUM: Layanan Lengkap dan Mudah! 

Aktivitas vulkanik lalu dilanjutkan ke Gunung Ciremai yang ada saat ini. Meski dugaan lain adanya aktivitas serupa atau fase berikutnya di Gunung Dulang yang berada di sebelah utara. 

Bahkan perubahan pada Gunung Ciremai tersebut, terjadi pada jutaan tahun lalu. Sejak era sebelum masehi sampai dengan 10 ribu tahun  sebelum masehi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: