Panwascam Harus Ada Perempuan

Panwascam Harus Ada Perempuan

Anggota bawaslu Devi Siti Sihatul Afiah membeberkan pengumuman pendaftaran Panwaslu Kecamatan mulai 21 September 2022-ABDULLAH-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon, terhitung mulai hari Rabu 21 September akan membuka pendaftaran panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam).

Setiap Panwascam akan diisi 3 orang, dan salah satunya harus ada unsur perempuan. Ketua Bawaslu kota cirebon, Moh Joharudin MPd kepada Radar diruang kerjanya menjelaskan, terhitung  mulai hari Rabu tanggal 21 September 2022 Bawaslu akan merekrut Panwaslu kecamatan, tiap kecamatan ada 3 orang, karena di kota Cirebon ada 5 kecamatan, sehingga total 15 orang orang akan direkrut sebagai Panwascam.

Hal berbeda diseleksi Panwaslu kecamatan dari tahun sebelumnya, tudak ada aturan harus ada peremluan, tapi periode sekarang anggota Panwaslu kecamatan harus mengakomodir perempuan. "tahun ini Anggota Panwaslu kecamatan unsur perempuan terwakili di tiap kecamatan," ujarnya.

Anggota Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah  MPd menjelaskan, bawaslu sudah menyampaikan pengumuman perekrutan Panwaslu Kecamatan sejak tanggal 10 September 2022, harapannya masyarakat mengetahui informasinya dan bersemangat.

BACA JUGA:Petualangan Ikonik Daihatsu Terios 7 Wonders Siap Eksplorasi Keindahan Baubau, Sulawesi Tenggara

Karena terhitung mulai tanggal 21-28 September 2022 sudah siap menerima pendaftaran Panwascam, 14-16 September bagi secara administratif lolos melalui media CAT, kemudian diambil 6 besar, 6 ini akan diikut sertaka tes wawancara.

Untuk perempuan, kata Devi,  harus ada, dalam rangka memenuhi penetapan komposisi perempuan dipastikan sejak awal pendaftaran. "6 besar harus ada 2 perempuan. Ketika tidak terpenuhi maka dilakukan perpanjangan pendaftaran," ujarnya.

Devi menerangkan, bawaslu mengapresiasi teman teman  disabilitas bisa terlibat di penyelenggaraan pemilu. Proses bawaslu betul betul terbuka melibatkan perempuan di kegiatan sosialisasi, ini memastikan kelompok perempuan di kota Cirebon siap dan tahu bahwa komposisi 30 persen perempuan. "Pelantikan Panwascam akhir Oktober, mulai November sudah mulai kerja," pungkasnya.

BACA JUGA:BAF Gelar Rangkaian Program Pelestarian Lingkungan Selama Bulan September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: