Apa Agama Yang Dianut Prabu Siliwangi, Apakah Agama Islam?

Apa Agama Yang Dianut Prabu Siliwangi, Apakah Agama Islam?

Macan Lodaya yang kerap diidentikan dengan Prabu Siliwangi. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Siapa yang tidak kenal dengan Prabu Siliwangi. Seorang pemimpin yang terkenal memimpin kerajaan Pajajaran yang membawa puncak kejayaan pada kerajaan. Sebenarnya apa agama dari Prabu Siliwangi?

Prabu Siliwangi merupakan raja Sunda yang paling populer. Raja dari Pakuan tersebut memimpin Kerajaan Pajajaran selama 39 tahun antara 1482 – 1521 M.

Prabu Siliwangi sendiri merupakan putra dari Prabu Dewa Niskala putra Mahaprabu Niskala Wastu Kancana yang lahir pada 1401 M di Kawali Ciamis.

Disebutkan dalam berbagai versi sejarah, Prabu Siliwangi mengawali pemerintahan pada zaman Pakuan Pajajaran Pasundan, yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh selama 39 tahun. Prabu Siliwangi wafat pada 31 Desember 1521 di Pakuan Pajajaran.

BACA JUGA:Menko Airlangga Menyampaikan Bahwa Transisi Energi Menuju Rendah Karbon

Membahas Prabu Siliwangi sang raja Pajajaran memang menjadi hal yang menarik dan tidak ada habisnya. Kisah hidup dan perjalanan sang Prabu pasti memiliki berbagai versi dan berbeda antara sumber yang satu dengan sumber lainnya.

Termasuk pembahasan Prabu Siliwangi mengenai agama yang dianutnya. Kali ini kita akan membahas agama apa yang dianut Prabu Siliwangi sebenarnya.

Banyak beberapa sumber yang menyebutkan bahwa konon katanya Prabu Siliwangi dulunya beragama Hindu. Karena memang kerajaan dulu membawakan agama Hindu atau Bundha.

Kemudian Prabu Siliwangi menganut agama Islam ketika ingin menikahi wanita yang bernama Nyi Subang Larang.
Dan masyarakat banyak yang meyakini bahwa Prabu Siliwangi memeluk agama Islam. Dan ada beberapa bukti nyata yang membuktikan sang Prabu seorang muslim.

BACA JUGA:Konversi Kompor Gas ke Listrik, Menko Airlangga: Bukan Tahun Ini

Berikut 4 bukti nyata kalau Prabu Siliwangi Memeluk agama Islam:

Kitab Swasit
Kitab swasit merupakan salah satu Kitab yang membicarakan tentang Prabu Siliwangi, dalam Kitab ini menyebutkan bahwa Prabu Siliwangi memeluk agama Islam.

Keterangan Prabu Siliwangi Memeluk agama Islam itu terdapat pada Bab ke-17 pada kitab Swasit
"Bab ke-17-nya mencetuskan tentang keislamannya Prabu Siliwangi, ketika menikah dengan Nyi Subang Larang" ucap Naskah Syekh Quro.

Naskah Syekh Quro akan kita temui di Museum Prabu Siliwangi ini, yang didalamnya menyatakan tentang Prabu Siliwangi masuk Islam. "naskah yang ditulis oleh Syekh Quro naskahnya ini menceritakan tentang proses islamisasi Prabu Siliwangi oleh Syekh Quro"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: