Lokasi Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat, Terdeteksi BRIN Fire Hotspot

Lokasi Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat, Terdeteksi BRIN Fire Hotspot

Lokasi kebakaran hutan Gunung Ciremai di Desa Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terpantau dari BRIN Fire Hotspot.-BRIN Fire Hotspot/Tangkapan Layar-radarcirebon.com

Kebakaran yang terjadi sejak Minggu, 25, September 2022 siang hari dapat dipadamkan pada malam hari sekitar pukul 19.30 WIB. Petugas gabungan kemudian melakukan penyisiran.

Tujuannya adalah mencari titik api lainnya, yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Kemudian melakukan pemadaman dan pencegahan agar tidak kembali meluas.

BACA JUGA:Pria Indramayu Ditahan, Pengirim Paket ke Asrama Polisi Sukoharjo Penyebab Ledakan

BACA JUGA:Ditangkap di Indramayu, Pria Diduga Pengirim Paket Kardus Ledakan Asrama Polisi Sukoharjo

Diberitakan sebelumnya, Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kembali kebakaran untuk kedua kalinya di bulan September ini. Api terpantau di seputaran wilayah administrasi Desa Pasawahan, sekitar pukul 14.00 WIB.

Petugas mendapat laporan dari mitra masyarakat MPA (Masyarakat Peduli Api) yang menyampaikan adanya asap yang terlihat di sekitar Pasawahan.

“Positif, A1 titik api  ada di kawasan TN Gunung Ciremai, tepatnya di Jalan Maling, Blok Cileutik, Pasawahan," ucap Eddi Syukur (MPA) dan Idin, Pengendali Ekoosistim Hutan (PEH) yang melakukan cek langsung ke lapangan.

Api cepat sekali berkobar dan pukul 14.50 mulai meluas, karena mayoritas tutupan lahan berupa semak belukar kering dan tiupan angin yang kencang.

BACA JUGA:5 Fakta Mengesankan Persija di Liga 1 Musim Ini, Simak Sebelum Lawan Persib

BACA JUGA:Tengok Persiapan Persija Jelang Bertemu Persib, Krmencik Mengeluh, Begini...

Teguh Setiawan, Kepala Balai TNGC mengungkapkan, upaya pemadaman dilakukan dengan penyiapan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yaitu jet shooter dan mesin pemompa air yang ada di pos penjagaan Pasawahan.

Kemudian mobilisasi personil dan logistik. Ada sejumlah 100 (seratus) orang yang terlibat pemadaman berasal dari Petugas Balai TNGC, petugas BPBD Kabupaten Kuningan, anggota MPA, paguyuban KTH, TNI, POLRI dan relawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: