33 Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Atensi

33 Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Atensi

TERIMA BANTUAN: Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon Dr Iis Krisnandar SH CN menyerahkan bantuan Atensi Kemensos Dirjen Rehabilitasi Sosial Sentra Terpadu Inten Soeweno Cibinong Bogor kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon, kemarin.-Nur Via Pahlawati-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, SUMBER- Sebanyak 33 penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon mendapat bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial melalui Dinsos Kabupaten Cirebon.

Penyerahan bantuan Atensi dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jumat (22-23/9). Bantuan Atensi termin pertama dibagikan kepada 12 penyandang disabilitas berat dan lanjut usia di wilayah Kecamatan Ciwaringin, Dukupuntang, Gegesik, Arjawinangun, Pangenan, Sedong dan Astanajapura.

Lalu bantuan yang kedua yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon dan tim dari Sentra Terpadu Inten Soeweno Cibinong Bogor kepada 21 orang dari wilayah Kecamatan Plumbon, Gegesik, Dukupuntang, Jamblang, Kapetakan, Astanajapura, Sedong, Arjawinangun, Pangenan, Ciwaringin, dan Pabedilan di kantor dinas setempat.

“Bantuan Atensi diberikan kepada 34 orang penyandang disabilitas yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon, dan diserahkan kepada 33 orang karena satu orang telah meninggal dunia,” ungkap Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon Dr Iis Krisnandar SH CN didampingi Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Lili Marliyah AKS.

BACA JUGA:Direktur Utama BRI Sunarso Mendapatkan Penghargaan Internasional The Best ‘SME Banker of The Year’

Lebih lanjut, Iis menjelaskan, bantuan Atensi merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial atau anak, dukungan keluarga, terapi disik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

Dalam hal ini, pihaknya telah menyerahkan bantuan Atensi Kemensos Dirjen Rehabilitasi Sosial Sentra Terpadu Inten Soeweno Cibinong Bogor Tahun 2022 bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon.

“Bantuan Atensi yang diberikan berupa 6 kursi roda untuk CP (cerebral palsy), 8 kursi roda standar, satu stroler, 18 paket sembako, sembilan paket nutrisi, delapan paket perlengkapan tidur, tiga pak diapers (popok), tujuh paket modal usaha berupa mesin jahit, kipas angin, kanopi, mesin lem pon, tongkat penyangga, serta obat- obatan,” ungkap Iis.

BACA JUGA:Febri Diansyah Eks KPK Jadi Pegacara Putri Candrawathi: Saya Paham, Ada yang Setuju, Ada yang Tidak

Dikatakan Iis, target dan sasaran pelayanan Atensi meliputi lima klaster diantaranya anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

“Atensi juga bertujuan untuk mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga, dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, juga melaksanakan tugas, dan peran sosial serta mengatasi masalah dalam kehidupan,” bebernya.

Iis berharap, bantuan Atensi yang diterima dapat bermanfaat, serta mampu meningkatkan kesejahteraan penyandang disabiltas, sesuai tujuan dari program Atensi.

BACA JUGA:Oversubscribed 4,4 Kali, Green Bond BRI Laris Manis Diminati Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: